Share

Doa saat Membeli Hewan Peliharaan Supaya Jinak pada Pemiliknya

Cita Zenitha, Jurnalis · Rabu 29 Juni 2022 13:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 29 618 2620246 doa-saat-membeli-hewan-peliharaan-supaya-jinak-pada-pemiliknya-VhZYaW23Ez.jpg Ilustrasi doa saat membeli hewan peliharaan. (Foto: Jari Hytonen/Unsplash)

DOA saat membeli hewan peliharaan berikut ini bisa dibaca setiap Muslim. Tidak sedikit orang memutuskan memelihara hewan untuk menemani saat tinggal sendiri atau karena senang saja. Hewan peliharaan bisa didapat melalui adopsi atau dari pemberian orang.

Sebagai makhluk hidup tentunya harus saling menyayangi. Saat menyayangi dan mengasihi hewan peliharaan yang dimiliki tentu saja berharap dia menjadi sayang juga.

Baca juga: Cerita Abu Nawas Kasih Solusi untuk Tahanan Seumur Hidup: Sehari Dipenjara Sehari Dibebaskan 

Supaya hewan peliharaan tunduk dan jinak pada tuannya ternyata ada doanya tersendiri. Bisa dibacakan doa saat membeli hewan peliharaan supaya lebih jinak dan tidak membahayakan pemilik serta orang sekitar.

Dikutip dari nu.or.id, dalam Ihya Ulumuddin, Imam Al Ghazali menyatakan doa membuat hewan peliharaan tunduk kepada tuannya.

Baca juga: 3 Doa Menyembelih Hewan Kurban Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya Bahasa Indonesia 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهُ وَخَيْرَ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا جُبِلَ عَلَيْهِ

Artinya: "Tuhanku, kepada-Mu aku memohon kebaikannya (kendaraan ini) dan kebaikan sifat yang diciptakan untuknya. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya (kendaraan ini) dan keburukan sifat yang diciptakan untuknya."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Berdasarkan kitab Ithafus Sadatil Muttaqin, Sayyid Muhammad Az-Zabidi mengatakan bahwa Al-Iraqi telah memverifikasi riwayat tersebut. Selain itu adanya doa ini juga telah Abu Dawud dan Ibnu Majah meriwayatkan berdasarkan hadis Amr bin Syu’aib.

Itulah doa saat membeli hewan peliharaan. Jangan lupa untuk saling menyayangi sesama makhluk Allah Subhanahu wa ta'ala yang ada di bumi ini.

Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Bacaan Doa Sayyidul Istighfar Lengkap Keutamaannya yang Luar Biasa Besar 

Baca juga: Puasa Dzulhijjah, Simak Niat hingga Tata Caranya Sesuai Sunah 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini