Share

5 Potret Tempat Hewan Kurban di Makkah, Luas dan Banyak Pilihan Lho!

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Sabtu 02 Juli 2022 08:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 02 614 2622234 5-potret-tempat-hewan-kurban-di-makkah-luas-dan-banyak-pilihan-lho-xkWRHCZ2zG.png Melihat tempat hewan kurban di Makkah. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

MENJELANG hari raya Idul Adha 2022, umat Islam di seluruh penjuru dunia akan disibukkan dengan aktivitas pembelian dan pemotongan hewan kurban. Tidak terkecuali para jamaah haji Indonesia di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi.

Menariknya, salah satu warga Indonesia sekaligus YouTuber bernama Alman Mulyana menyediakan jasa bagi kaum Muslimin Tanah Air yang ingin berkurban di Makkah. Dia pun memperlihatkan kondisi riil kandang serta hewan-hewan ternak yang dijadikan kurban di sana.

Seperti apa? Dihimpun dari kanal YouTube Alman Mulyana, Sabtu (2/7/2022), yuk simak selengkapnya!

Baca juga: 5 Tradisi Unik Bulan Dzulhijjah di Dunia, Ada Bazar Bumbu Masakan Hewan Kurban 

1. Banyak pilihan kurban

Ada banyak pilihan hewan kurban di Makkah, mulai dari sapi, unta, hingga kambing dari berbagai daerah. Salah satu yang menarik perhatian adalah kambing sudan. Buntutnya unik, begitu panjang bisa menjuntai sampai menyentuh tanah. Tidak kalah gemuk dan bugar, kambing itu juga terlihat besar.

Menurut sang penjual, harga kambing dengan bobot yang besar di Makkah bisa ditaksir sekira 1.500 riyal atau Rp5.971.020 juta untuk edisi kurban. Tidak jauh beda dengan harga kambing di Tanah Air ya.

Tempat hewan kurban di Makkah. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

Baca juga: Kenapa Shohibul Qurban Tidak Boleh Memotong Rambut dan Kuku? 

2. Sapi dan unta makin kecil makin mahal

Ada fakta menarik dari hewan kurban di Makkah. Rupanya makin kecil sapi dan unta maka makin mahal harganya. Pasalnya, daging sapi dan unta yang sudah besar justru tidak begitu enak. Oleh karena itu, sapi dan unta yang berukuran kecil disebut sebagai "sapi super" dan "unta super" di Makkah.

"Harganya sapi atau unta itu 5 sampai 6 ribu riyal. (Harga) 5 ribu riyal itu sekitar Rp20 juta, tapi ini untuk 7 orang ya," ucap Alman dalam videonya.

Tempat hewan kurban di Makkah. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

3. Hewan kurban selalu diperiksa dokter

Soal kesehatan dan kualitas, hewan kurban di sana tidak perlu diragukan lagi. Hewan-hewan itu selalu diperiksa dokter dan dipastikan sehat sebelum dikurbankan. Dengan begitu, hewan kurban pun akan sesuai syariat Islam.

Tempat hewan kurban di Makkah. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

Baca juga: Menjual Kulit Hewan Kurban, Ini Hukumnya Menurut Syariat Islam 

4. Kebersihan kandang terjaga

Tidak hanya kesehatan, kebersihan kandang hewan kurban di Makkah juga selalu diperhatikan. Hal itu terlihat jelas dalam video. Meski ada ribuan hewan kurban, rumput-rumput yang dijadikan pakan tetap tampak bersih. Kotoran pun terlihat tak berserakan di video ini.

Tempat hewan kurban di Makkah. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

5. Kandang luas

Di Makkah, kandang hewan-hewan ternak kurban itu benar-benar luas. Lihat saja potret ini. Sesekali para penggembala akan mengeluarkan hewan-hewan tersebut dan membiarkannya berkelana agar tidak stres. Dengan begitu, mereka akan tetap sehat dan dagingnya pun lezat!

Baca juga: 4 Syarat Sah Berkurban, di Antaranya Sudah Dewasa dan Berakal 

Baca juga: 3 Doa Menyembelih Hewan Kurban Lengkap Teks Arab, Latin, Artinya Bahasa Indonesia 

Tempat hewan kurban di Makkah. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini