Share

Geger Pelecehan Santriwati, MUI Imbau Orangtua Tidak Khawatir Kirim Anak ke Pesantren

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 13 Juli 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 13 614 2628850 geger-pelecehan-santriwati-mui-imbau-orangtua-tidak-khawatir-kirim-anak-ke-pesantren-J2mqLE7I28.jpg Ketua Bidang Fatwa MUI KH Asrorun Ni'am Sholeh mengimbau orangtua tidak khawatir mengirim anak ke pesantren. (Foto: Dok YouTube iNews Religi)

BEBERAPA waktu lalu geger kasus dugaan pelecehan seksual terhadap santriwati. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pun memberi tanggapan. Mereka mengimbau orangtua tidak perlu khawatir mengirim anaknya ke pondok pesantren untuk menempuh pendidikan.

"Saya mengimbau kepada segenap orangtua untuk tidak ragu menempatkan anaknya di pesantren sebagai alternatif terbaik tempat pendidikan dan pengasuhan putra-putrinya," ungkap Ketua Bidang Fatwa MUI KH Asrorun Ni'am Sholeh, seperti dikutip dari mui.or.id.

Baca juga: Cabuli Santriwati, Mas Bechi Tak Akan Dihukum Kebiri 

Ia mengatakan pondok pesantren tetap menjadi tempat pendidikan terbaik untuk anak, karena pengasuhan di sana berbasis keteladanan, dengan semangat kebersamaan, kesederhanaan, dan kedisiplinan dengan pembiasaan akhlak baik.

"Pesantren tetap pilihan terbaik untuk pendidikan karakter. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mengintegrasikan pendidikan formal, informal, dan nonformal dengan pendekatan keteladanan serta pengasuhan yang terintegrasi," paparnya.

Baca juga: Muhadjir Effendy Tegaskan Ponpes Shiddiqiyyah Tidak Terlibat Kasus Mas Bechi 

Lebih jauh dia menyarankan setiap orangtua agar lebih selektif memilih pondok pesantren sebelum menempatkan putra-putrinya di sana. Minimal dengan mengetahui kurikulum dan metode yang dipakai untuk pengajaran.

"Sebelum menempatkan anak, orangtua harus memahami dan mengetahui kondisi faktual pesantren, mulai dari siapa saja pengasuhnya, mata pelajaran yang diajarkan, serta aktivitas kesehariannya," kata pengasuh Pondok Pesantren Al Nahdlah ini.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

KH Asrorun Ni'am Sholeh juga menjelaskan terkait solusi efektif yang bisa membebaskan lingkungan pondok pesantren dari kekerasan seksual. Salah satunya dengan memperkuat tata kelola dan optimalisasi pelayanan pesantren.

"Pengasuh pesantren juga perlu menguatkan tata kelola kepesantrenan untuk mengoptimalkan khidmat dan layanan pendidikan dan pengasuhan," pungkasnya.

Allahu a'lam bisshawab.

Baca juga: 7 Fakta Raja TikTok Khaby Lame Jadi Hafiz Quran: Belajar di Senegal hingga Mantan Buruh Pabrik 

Baca juga: Abu Nawas Bisa Ajari Keledainya Baca Buku, Raja Langsung Bengong Melihatnya! 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini