Share

Penting Tahu! 5 Fakta Unik Azan, Bikin Setan Takut Terkentut-kentut

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 18 Juli 2022 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 07 17 614 2631183 penting-tahu-5-fakta-unik-azan-bikin-setan-takut-terkentut-kentut-dmgZtJAo40.jpg Ilustrasi fakta-fakta unik azan. (Foto: Shutterstock)

AZAN ternyata memiliki fakta-fakta unik di baliknya. Sangat penting diketahui kaum Muslimin agar bisa mengamalkannya dan meraih keistimewaan yang sangat luar biasa besar.

Diketahui bahwa azan menjadi pertanda panggilan sholat bagi kaum Muslimin. Setiap Muslim yang mendengar lantunan azan pun disunahkan menjawabnya dengan bacaan-bacaan tertentu.

Tapi siapa sangka, ada fakta-fakta menarik nan unik di balik azan. Berikut ini penjelasan singkatnya, sebagaimana telah Okezone himpun.

Baca juga: Penuh Haru! Kisah Adik Non-Muslim Tengah Malam Antar Abangnya Bersyahadat di Masjidย 

1. Panggilan sholat

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman: "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan Sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al Jumu'ah: 9)

"Apabila kamu menyeru (mereka) untuk (mengerjakan) sembahyang, mereka menjadikannya buah ejekan dan permainan. Demikian itu adalah karena mereka benar-benar kaum yang tidak mau mempergunakan akal." (QS Al Maidah: 58)

2. Orang yang mendengar azan jadi saksi bagi muazin di hari kiamat

Dari Abu Saโ€™id Al-Khudri radhiyallahu โ€˜anhu, ia berkata bahwa ia mendengar Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

"Tidaklah suara azan yang keras dari yang mengumandangkan azan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendegarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat." (HR Bukhari nomor 609)

Termasuk juga di sini jika yang mendengar adalah hewan dan benda mati sebagaimana ditegaskan dalam riwayat Ibnu Khuzaimah. Dalam riwayat lain disebutkan:

"Muazin diberi ampunan dari suara kerasnya saat azan serta segala yang basah maupun yang kering akan menjadi saksi baginya pada hari kiamat." (HR Abu Dawud nomor 515; Ibnu Majah 724; dan An-Nasai 646. Sanad hadis ini hasan sebagaimana dinilai oleh Al-Hafizh Abu Thahir)

Termasuk juga yang mendengarnya adalah malaikat karena sama-sama tidak terlihat seperti jin. (Lihat Fath Al-Bari, 2:88-89)

Baca juga: Bolehkah Mendahulukan Makan Dibanding Sholat?ย 

3. Kalau tahu keutamaan azan pasti akan jadi rebutan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

"Seandainya setiap orang tahu keutamaan azan dan shaf pertama, kemudian mereka ingin memperebutkannya, tentu mereka akan memperebutkannya dengan berundi." (HR Bukhari Nomor 615 dan Muslim 437)

Imam Nawawi rahimahullah berkata, "Yang dimaksud hadis adalah seandainya mereka mengetahui keutamaan azan, keagungan dan balasannya yang besar, kemudian waktu azan sudah sempit atau masjid hanyalah satu, pastilah mereka saling merebut untuk azan dengan cara mengundi." (Syarh Shahih Muslim, 4:142)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Muazin diampuni oleh Allah dan dimasukkan ke surga kelak

Dari โ€˜Uqbah bin โ€˜Amir, ia berkata bahwa ia mendengar Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

ูŠูŽุนู’ุฌูŽุจู ุฑูŽุจูู‘ูƒูู…ู’ ู…ูู†ู’ ุฑูŽุงุนูู‰ ุบูŽู†ูŽู…ู ููู‰ ุฑูŽุฃู’ุณู ุดูŽุธููŠูŽู‘ุฉู ุจูุฌูŽุจูŽู„ู ูŠูุคูŽุฐูู‘ู†ู ุจูุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉู ูˆูŽูŠูุตูŽู„ูู‘ู‰ ููŽูŠูŽู‚ููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽุฒูŽู‘ ูˆูŽุฌูŽู„ูŽู‘ ุงู†ู’ุธูุฑููˆุง ุฅูู„ูŽู‰ ุนูŽุจู’ุฏูู‰ ู‡ูŽุฐูŽุง ูŠูุคูŽุฐูู‘ู†ู ูˆูŽูŠูู‚ููŠู…ู ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉูŽ ูŠูŽุฎูŽุงูู ู…ูู†ูู‘ู‰ ููŽู‚ูŽุฏู’ ุบูŽููŽุฑู’ุชู ู„ูุนูŽุจู’ุฏูู‰ ูˆูŽุฃูŽุฏู’ุฎูŽู„ู’ุชูู‡ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ูŽู‘ุฉูŽ

"Rabb kalian begitu takjub terhadap si pengembala kambing di atas puncak gunung yang mengumandangkan azan untuk sholat dan ia menegakkan sholat. Allah pun berfirman, 'Perhatikanlah hamba-Ku ini, ia berazan dan menegakkan sholat (karena) takut kepada-Ku. Karenanya, Aku telah mengampuni dosa hamba-Ku ini dan aku masukkan ia ke dalam surga'." (HR Abu Dawud nomor 1203 dan An-Nasa'i 667. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadis ini sahih)

Baca juga: Pintar Banget! Modal Angguk-anggukan Gajah, Abu Nawas Dapat Banyak Uangย 

Baca juga: Surat Yasin Lengkap Buka di Alquran Digital Okezone: 83 Ayat, Arab, Latin, Indonesiaย 

5. Mengusir setan

Berdasarkan riwayat dari Umar radhiyallahu anhu, dikeluarkan Ibnu Abi Syaibah rahimahullah dan disahihkan sanadnya oleh Al Hafizh rahimahullah dalam Fathul Bari (6/414):

"Sesungguhnya Ghilan disebut di sisi โ€˜Umar, maka ia berkata: Sungguh seseorang tidak mampu untuk berubah dari bentuknya yang telah Allah ciptakan. Akan tetapi mereka (para setan) memiliki tukang sihir seperti tukang sihir kalian. Maka bila kalian melihat setan itu, kumandangkanlah azan."

Ghilan atau Ghul adalah setan yang biasa menyesatkan musafir yang sedang berjalan di gurun (hutan/jalan).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu โ€˜anhu, ia berkata bahwa Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

"Apabila azan dikumandangkan, maka setan berpaling sambil kentut hingga dia tidak mendengar azan tersebut. Apabila azan selesai dikumandangkan, maka ia pun kembali. Apabila dikumandangkan iqomah, setan pun berpaling lagi. Apabila iqamah selesai dikumandangkan, setan pun kembali, ia akan melintas di antara seseorang dan nafsunya. Dia berkata, 'Ingatlah demikian, ingatlah demikian untuk sesuatu yang sebelumnya dia tidak mengingatnya, hingga laki-laki tersebut senantiasa tidak mengetahui berapa rakaat dia sholat. Apabila salah seorang dari kalian tidak mengetahui berapa rakaat dia sholat, hendaklah dia bersujud dua kali dalam keadaan duduk'." (HR Bukhari Nomor 608 dan Muslim 389)

Ibnul Jauzi mengatakan, "Suara azan membuat setan takut sehingga pergi menjauh. Karena dalam kumandang azan sulit terjangkit riyaโ€™ dan kelalaian. Hal ini berbeda dengan sholat, hati mudah diserang oleh setan dan ia selalu memberikan pintu waswas." Sampai-sampai Abu โ€˜Awanah membuat judul suatu bab "Dalil bahwa orang mengumandangkan azan dan iqamah tidak dihinggapi was-was setan dan sulit terjangkit riyaโ€™ karena setan menjauh darinya." (Fath Al-Bari, 2:87)

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini