Share

Surat Yusuf Ayat 4 Lengkap Teks Arab, Latin, Terjemahan, Maknanya soal Tafsir Mimpi

Hantoro, Jurnalis · Rabu 03 Agustus 2022 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 330 2641115 surat-yusuf-ayat-4-lengkap-teks-arab-latin-terjemahan-maknanya-soal-tafsir-mimpi-ZloaPuPfCl.jpg Ilustrasi Alquran Surat Yusuf Ayat 4. (Foto: Shutterstock)

SURAT Yusuf Ayat 4 sangat menarik diketahui kaum Muslimin. Ayat ini memiliki arti yang sangat mendalam dan penting dijadikan pelajaran dalam kehidupan umat manusia.

Diketahui bahwa Surat Yusuf merupakan surat ke-12 dalam kitab suci Alquran. Terdiri dari 111 ayat, Surat Yusuf memiliki arti "Nabi Yusuf Alaihissallam". Kemudian termasuk golongan Makkiyyah atau turun di Kota Makkah, Arab Saudi.

Baca juga: Surat Yusuf untuk Ibu Hamil, Benarkah Akan Membuat Buah Hati Tampan? 

Berikut bacaan Surat Yusuf Ayat 4 lengkap teks Arab, latin, artinya terjemahan bahasa Indonesia, seperti terdapat di Alquran Digital Okezone.

اِذۡ قَالَ يُوۡسُفُ لِاَبِيۡهِ يٰۤاَبَتِ اِنِّىۡ رَاَيۡتُ اَحَدَ عَشَرَ كَوۡكَبًا وَّالشَّمۡسَ وَالۡقَمَرَ رَاَيۡتُهُمۡ لِىۡ سٰجِدِيۡنَ‏

Iz qaala Yoosufu li abeehi yaaa abati innee ra aytu ahada 'ashara kawkabanw wash shamsa walqamara ra aytuhum lee saajideen

"(Ingatlah), ketika Yusuf berkata kepada ayahnya, "Wahai ayahku! Sungguh, aku (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku." (QS Yusuf [12]: 4)

Baca juga: Pagar Pembatas Kakbah Dilepas Setelah 2 Tahun Dipasang Dampak Pandemi 

Tafsir Surat Yusuf Ayat 4

Pada suatu ketika Nabi Yusuf Alaihissallam memberitahukan kepada ayahnya Nabi Yakub bin Ishak bin Ibrahim Alaihissallam bahwa ia bermimpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan, semuanya tunduk dan sujud kepadanya.

Tentu saja sujud di sini bukan dengan arti menyembah seperti yang umat manusia kenal, tetapi hanyalah sujud dalam arti kiasan yaitu tunduk dan patuh. Sujud dengan arti tunduk dan patuh itu ada juga terdapat dalam Alquran, seperti firman Allah Subhanahu wa ta'ala:

وَّالنَّجۡمُ وَالشَّجَرُ يَسۡجُدٰنِ

Wannajmu washshajaru yasjudan

"Dan tumbuh-tumbuhan (atau bintang-bintang) dan pepohonan, keduanya tunduk (kepada-Nya)." (Ar-Rahman [55]: 6)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Setelah mendengar cerita itu, Nabi Yakub Alaihissallam menyadari bahwa mimpi anaknya bukan mimpi biasa, tetapi merupakan ilham dari Allah Subhanahu wa ta'ala sebagaimana kerapkali dialami oleh para nabi.

Ia yakin bahwa anaknya ini akan menghadapi urusan yang sangat penting dan setelah dewasa menjadi pemimpin di mana masyarakat akan tunduk kepadanya tidak terkecuali saudara-saudaranya dan ibu-bapaknya.

Baca juga: Abu Nawas Pecundangi 3 Orang Sombong, Gampang Banget Jawab Pertanyaan Jumlah Bulu Keledai 

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Rabu 3 Agustus 2022M/5 Muharram 1444H 

Dia merasa khawatir kalau hal ini diketahui oleh saudara-saudaranya, dan tentulah mereka akan merasa iri dan dengki terhadapnya serta berusaha untuk menyingkirkan atau membinasakannya, apalagi mereka telah merasa bahwa ayah mereka lebih banyak menumpahkan kasih sayangnya kepadanya.

Tergambarlah dalam khayal Nabi Yakub Alaihissallam bagaimana nasib anaknya bila mimpi itu diketahui oleh saudara-saudaranya, tentulah mereka dengan segala usaha dan tipu daya akan mencelakakannya.

Demikian penjelasan mengenai Surat Yusuf Ayat 4. Semoga sangat jelas dan bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini