Share

Hukum Tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 Lengkap Tata Cara Membacanya secara Tepat

Syifa Fauziah, Jurnalis · Selasa 09 Agustus 2022 12:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 330 2644532 hukum-tajwid-surat-at-taubah-ayat-105-lengkap-tata-cara-membacanya-secara-tepat-TdMzm0dICl.jpg Ilustrasi hukum tajwid Surat At-Taubah Ayat 105. (Foto: Shutterstock)

HUKUM tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 harus dipahami agar bisa membacanya dengan baik dan tepat. At-Taubah adalah surat kesembilan dalam kitab suci Alquran. Surat ini terdiri dari 129 ayat dan termasuk golongan Madaniyyah.

Surat At-Taubah sendiri memiliki arti "Pengampunan". Surat ini membahas tentang pemutusan perjanjian damai dengan kubu Musyrikin dan diperbolehkannya memerangi mereka dikarenakan banyak isi perjanjian yang mereka langgar.

Baca juga: Viral Lantunan Surat Ar-Rahman di Ruang Ganti Timnas Indonesia U-16, Berbuah Kemenangan Telak 

Bagi orang yang belum mampu membaca Alquran sesuai kaidah-kaidah ilmu tajwid, wajib hukumnya berusaha membaguskan bacaannya, sehingga mencapai standar yang telah ditetapkan.

Tidak hanya mempelajari maknanya, ketika membaca Alquran harus juga memahami hukum tajwidnya. Seperti halnya dengan membaca Surat At-Taubah.

Berikut isi Surat At-Taubah Ayat 105 lengkap teks Arab, latin, hingga terjemahannya bahasa Indonesia:

وَقُلِ اعْمَلُوْا فَسَيَرَى اللّٰهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُوْلُهٗ وَالْمُؤْمِنُوْنَۗ وَسَتُرَدُّوْنَ اِلٰى عٰلِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُوْنَۚ ١٠٥

Wa quli'maloo fasayaral laahu 'amalakum wa Rasooluhoo walmu'minoona wa saturaddoona ilaa 'Aalimil Ghaibi washshahaadati fa yunabbi'ukum bimaa kuntum ta'maloon

Artinya: "Katakanlah (Nabi Muhammad), 'Bekerjalah! Maka, Allah, rasul-Nya, dan orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu. Kamu akan dikembalikan kepada (Zat) yang mengetahui yang gaib dan yang nyata. Lalu, Dia akan memberitakan kepada kamu apa yang selama ini kamu kerjakan'." (QS At-Taubah: 105)

Berikut hukum tajwid Surat At-Taubah Ayat 105 lengkap dengan penjelasan dan cara membacanya, seperti telah Okezone himpun.

Baca juga: Kisah Mualaf Andreanes, Dulu Benci Adzan dan Alquran Kini Jadi Pembelanya 

1. اعْمَلُوا

Hukum tajwidnya Mad asli atau mad thobi'i karena ada dhommah diikuti wawu sukun. Cara bacanya dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

2. عَمَلَكُمْ وَ

Hukum tajwidnya idzhar syafawi karena ada mim mati bertemu wawu. Cara bacanya jelas.

3. وَرَسُولُهُ

Hukum tajwidnya Mad Asli atau mad thobi'i karena ada dhommah diikuti wawu. Cara bacanya dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. وَالْمُؤْمِنُونَ

Hukum tajwidnya Alif Lam qamariah karena ada alif lam diikuti mim. Cara bacanya huruf al dibaca jelas.

5. وَسَتُرَدُّونَ

Hukum bacanya mad asli atau mad thobi'i karena ada dhommah diikuti wawu sukun. Cara bacanya dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

6. عَالِمِ

Hukum tajwidnya mad asli atau mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif. Cara bacanya dibaca panjang satu alif atau dua harakat.

7. الْغَيْبِ

Hukum tajwidnya alif lam qamariyah atau idzhar qamariah karena ada alif lam diikuti ghain dan mad layyin karena ada ya' sukun didahului fathah. Cara bacanya huruf al dibaca jelas dan ghaibi dibaca panjang dua atau empat harakat.

8. وَالشَّهَادَةِ

Hukum tajwidnya Alif Lam syamsyiah atau Idgham Syamsiyah karena ada alif lam diikuti syin dan mad asli atau mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif.

Cara bacanya memasukkan (mengidghamkan) Al (lam sukun) ke huruf-huruf syamsiah sehingga bacaan lam sukunnya hilang dan lebur ke dalam huruf syamsiyah yang mengikutinya, atau seolah-seolah dengan membuang lam sukun dan mentasydidkan huruf-huruf syamsiah.

9. فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا

Hukum tajwidnya ikhfa syafawi karena ada mim mati bertemu ba' dan mad asli atau mad thobi'i karena ada fathah diikuti alif. Cara membacanya dengan samar-samar antara huruf mim dan ba disertai dengungan dalam posisi bibir atas dan bawah tertutup dan ditahan dengan panjang dua harakat atau satu alif.

10. كُنْتُمْ

Hukum tajwidnya ikhfa haqiqi karena ada nun mati bertemu ta'. Cara bacanya dengan menyamarkan huruf nun dalam rongga hidung sampai dengan terlihat samar atau bisa juga menjadi suara “NG” atau “N”. Sesudah itu disambut dengan dengung sepanjang 1 – 1 1/2 Alif atau bisa kurang lebih 2 – 3 harakat.

11. كُنْتُمْ تَعْ

Hukum tajwidnya idzhar syafawi karena ada mim mati bertemu ta'. Cara bacanya jelas di bibir.

12. تَعْمَلُونَ

Hukum tajwidnya Mad arid lissukun karena ada mad thobi'i sebelum waqof. Cara bacanya Lebih utama dibaca panjang 3 alif atau 6 harakat seperti panjang bacaan Mad Lazim Mutsaqqal kilmi.

Demikian penjelasan mengenai hukum tajwid Surat At-Taubah Ayat 105. Semoga jelas dan bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini