Share

Cerdas! Abu Nawas Kerjai Balik Jin yang Tawarkan Wanita Cantik

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 27 September 2022 06:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 27 614 2675537 cerdas-abu-nawas-kerjai-balik-jin-yang-tawarkan-wanita-cantik-gqEH8O11WO.jpg Ilustrasi cerita lucu Abu Nawas kerjai balik jin yang menawarkan wanita cantik. (Foto: Istimewa)

ABU Ali Al Hasan bin Hani Al Hakami atau akrab disapa Abu Nawas adalah pujangga sekaligus salah satu penyair terbesar sastra klasik Arab. Tokoh sufi yang hidup di zaman Khalifah Harun Al-Rasyid di Baghdad (806-814 M) ini dikenal dengan tingkah konyolnya, namun punya sifat jujur.

Cerita tentang Abu Nawas sangatlah beragam, misalnya ketika dirinya diuji keimanan dan kejujurannya. Ketika itu ada jin yang tidak percaya bahwa Abu Nawas benar-benar orang jujur.

BACA JUGA:Berdoa di Pekarangan, Abu Nawas Kejatuhan 100 Keping Perak, Rezeki Nomplok! 

Suatu hari Abu Nawas pergi ke hutan untuk mencari kayu. Ia membawa kapak yang sudah usang sebagai alat untuk mempermudah pekerjaannya. Namun sayangnya, kapak miliknya itu malah jatuh ke jurang.

Melihat Abu Nawas yang sedang panik dan bingung karena kapak satu-satunya jatuh ke jurang, jin itu langsung berubah jadi seorang kakek-kakek. 

Ilustrasi cerita lucu Abu Nawas. (Foto: Istimewa/Sindonews)

Jin yang menjelma jadi kakek itu langsung menanyakan apa yang sedang terjadi. Lalu Abu Nawas mengatakan kalau kapak miliknya jatuh ke jurang dan kesulitan mengambilnya.

Kemudian kakek itu menawarkan diri membantu mengambil kapak milik Abu Nawas. Namun kapak yang diambil sang kakek dari dalam jurang terlihat berbeda, berlapis emas dan sangat mewah.

"Apakah ini kapak milikmu, nak?" tanya kakek itu, seperti dikutip di kanal YouTube Juha Official.

"Bukan kek," ujar Abu Nawas.

BACA JUGA:Ribut Sama Majikannya, Abu Nawas Ancam Bunuh Diri Minum Madu, Eh Malah Kekenyangan 

Lalu kakek itu langsung menggantinya lagi. Kali ini kapak yang tidak kalah mewah, yaitu dilapisi intan permata sehingga terkesan mewah sekali.

"Apakah itu kapakmu anak muda?" kata kakek itu.

"Bukan kek, kapak saya jelek dan berkarat," terang Abu Nawas. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kakek itu pun berkata dalam dirinya, bahwa Abu Nawas ini memang benar-benar jujur. Sebelum memberikan dua kapak mahal tadi, kakek itu bertanya kepada Abu Nawas, mengapa tetap ingin kapaknya yang sudah usang itu.

"Aku tidak mau mengambil yang bukan hak saya, kek. Aku adalah orang yang selalu bersyukur dengan apa yang saya miliki. Bagiku kapak jelek ini adalah rezeki yang luar biasa, karena bisa memberikan nafkah yang halal," tutur Abu Nawas.

BACA JUGA:Aneh tapi Nyata! Abu Nawas Bikin Panci Beranak, Gimana Caranya? 

Akhirnya kakek itu memberikan kapak berlapis emas dan intan permata tadi kepada Abu Nawas sebagai hadiah karena sudah jujur.

Ia pulang dengan membawa tiga kapak, yaitu kapak jelek miliknya, kapak yang terbuat dari emas, dan kapak yang berlapiskan intan permata.

Tidak sampai di situ, jin tadi masih ingin menguji kejujuran Abu Nawas. Godaan yang diberikannya melalui harta tidak berhasil, akhirnya jin yang menjelma jadi seorang kakek tersebut akan mengujinya dengan wanita.

Kakek itu kemudian menculik istri Abu Nawas, kemudian menyembunyikannya ke alam jin.

BACA JUGA:Sembuhkan Penyakit Temannya, Abu Nawas Ajak Orang-Orang Makan Enak 

Setelah pulang dari hutan, Abu Nawas langsung mencari istrinya. Ke semua sudut ruangan ia cari, namun istrinya menghilang secara misterius.

Lalu kakek itu datang kepada Abu Nawas dan bertanya, apa yang sedang dia cari dan menawarkan diri untuk membantunya. 

Abu Nawas mengatakan kalau istrinya hilang secara misterius dan hanya meninggalkan pakaian kotor.

"Tenang aku akan membantumu, dan pasti menemukan istrimu," ujar sang kakek.

Tiba-tiba Abu Nawas teringat kalau kakek itu yang ditemui di hutan saat kapaknya masuk ke jurang dan memberikannya dua kapak yang sang bernilai.

"Wah rupanya kakek itu ingin menguji kejujuranku lagi," kata Abu Nawas di dalam hatinya.

BACA JUGA:Apes! Abu Nawas Bikin Murid-muridnya Tertawa Terus, tapi Malah Dijuluki Guru Badut 

Kakek itu lalu datang membawa wanita yang sangat cantik, dan bertanya kepada Abu Nawas apakah benar orang itu adalah istrinya. Abu Nawas melihat dari ujung kepala sampai kaki, apakah benar wanita ini adalah istrinya.

"Benar kek, ini istri saya," katanya.

"Bukan, ini bukan istrimu. Kenapa kau tidak jujur, katanya hidup harus penuh rasa syukur," ucap kakek.

Lalu Abu Nawas menjelaskan, jika ia mengatakan itu bukan istrinya kejadian yang sama akan seperti kapak, kakek itu nantinya akan membawa satu wanita cantik lagi.

BACA JUGA:Berani Banget! Abu Nawas Jual Baginda Raja sebagai Budak, Ini Gara-garanya 

"Nanti kau akan memberikan dua wanita cantik itu lagi, sama seperti kapak," terang Abu Nawas.

Jin yang menyerupai kakek itu langsung tertawa terbahak-bahak. Ia tidak menyangka kalau Abu Nawas bukan hanya jujur, tapi juga cerdas.

Wallahu a'lam bisshawab

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini