Share

Makna dan Contoh Ayat yang Mengandung Bacaan Qalqalah Kubra dan Sugra

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 05 Oktober 2022 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 614 2681065 makna-dan-contoh-ayat-yang-mengandung-bacaan-qalqalah-kubra-dan-sugra-08emyXSD0p.jpg Ilustrasi makna dan contoh ayat yang mengandung bacaan qalqalah kubra dan sugra. (Foto: Pixabay)

MAKNA dan contoh ayat yang mengandung bacaan qalqalah kubra dan sugra. Saat membaca Alquran, tentunya diharuskan mengetahui dan memahami hukum tajwid dan jenisnya yang berbeda-beda.

Dua di antaranya adalah ayat yang mengandung bacaan qalqalah kubra dan sugra. Bacaan ini akan memengaruhi tanda baca dan juga artinya.

BACA JUGA:Surat Saba Ayat 1-54 Bacaan Arab, Latin, Terjemahan Buka di Alquran Digital Okezone 

 

Kalkalah atau qalqalah ( قلقلة, "qalqalat") adalah bacaan pada huruf-huruf kalkalah dengan bunyi seakan-akan berdetik atau memantul. Huruf kalkalah ada lima yaitu ba (ب), jim (ج), dal (د), ta (ط), dan qaf (ق).

Selanjutnya jika diartikan lebih jelas, qalqalah yaitu suara huruf yang memantul apabila huruf itu mati, mati karena barisnya mati atau mati karena diwaqafkan.

BACA JUGA:Surat Al Ahzab Ayat 1-73 Lengkap di Alquran Digital Okezone: Arab, Latin, Tafsirnya 

Jika huruf qalqalah barisnya mati atau dimatikan, maka dibaca menggunakan suara qalqalah jangan hilang, tapi harus terdengar sedikit seperti sedang melempar bola.

Apabila bola itu jatuh bola tidak akan langsung berhenti, tapi akan memantul lagi ke atas, suara yang seperti itu disebutnya qalqalah. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lantas, apa itu qalqalah sugra dan kubra? Berikut ini adalah pengertiannya beserta contoh ayat yang mengandung kedua tanda tersebut.

Qalqalah Sugra 

Sugra artinya kecil, sehingga qalqalah ini berarti qalqalah yang kecil. Cara membacanya yaitu dengan cara memantulkan huruf qalqalahnya dengan ringan, dan menyambungkannya dengan bacaan setelahnya. Hal itu dikarenakan qalqalah ini tepat berada di tengah kata.

Jika diartikan lebih jelas bahwa qalqalah sugra adalah setiap huruf qalqalah yang mendapat sukun di tengah kata atau kalimat.

Contoh ayat yang mengandung bacaan qalqalah sugra antara lain:

Al-Kautsar ayat 3. إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَرُ …

Quraisy ayat 4 (huruf tha sukun) الَّذِي أَطْعَمَهُمْ مِنْ جُوعٍ وَآمَنَهُمْ مِنْ خَوْفٍ …

Al-Qari’ah ayat 3. وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ … 

Qalqalah Kubra

Selanjutnya adalah qalqalah kubra yang artinya besar. Bisa diartikan juga qalqalah kubra yaitu suara huruf qalqalah yang matinya bukan asli, tapi matinya karena diwaqafkan.

Letak huruf qalqalah qubra adanya di akhir kalimat, serta tidak akan ada qalqalah qubra kalau tidak diwaqafkan.

Contoh bacaan qalqalah kubra dalam Alquran, seperti berikut ini:

وَّتَبَّۗ surat al-lahab ayat 1, terletak pada akhir ayat.

كَسَبَۗ surat al-lahab ayat 2, terletak pada akhir ayat.

لَهَبٍۙ surat al-lahab ayat 3, terletak pada akhir ayat.

الْحَطَبِۚ surat al-lahab ayat 4, terletak pada akhir ayat.

Demikian penjelasan mengenai makna dan contoh ayat yang mengandung bacaan qalqalah kubra dan sugra. Semoga jelas dan bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab. 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini