Share

Awal Mula Hijrah Ony Syahrial si Crayon Shinchan, Pindah Pengajian hingga Temukan yang Sesuai Sunnah

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Sabtu 22 Oktober 2022 13:22 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 22 621 2692330 awal-mula-hijrah-ony-syahrial-si-crayon-shinchan-pindah-pengajian-hingga-temukan-yang-sesuai-sunnah-LYlKjsXz1o.jpg Cerita awal mula hijrah artis Ony Syahrial si Crayon Shinchan. (Foto: YouTube Kasisolusi)

PERJALANAN hijrah artis Ony Syahrial dalam mempelajari ilmu agama Islam tidak langsung mulus. Beberapa kali ia menemukan tempat pengajian yang dirasa tidak sesuai.

Mundur ke waktu sebelum Ony Syahrial mencari tempat pengajian demi menimba ilmu agama. Keinginannya mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala timbul dari rasa ingin keluar dari zona aman.

Baca juga: Cerita Awal Mula Hijrah Uki Kautsar eks Noah, Beranikan Diri Bertanya ke Ustadz saat Penerbangan 

Kisah hijrah Ony Syahrial si dubber kartun Crayon Shinchan. (Foto: YouTube Dewa Putu Adhi)

"Keuangan udah terpenuhi, tapi kok masih kurang nyaman hati ini, gundah gulana," ujar Ony dalam tayangan di kanal YouTube Kasisolusi.

Berbagai kegiatan coba dilakoni pengisi suara serial kartun Crayon Shinchan ini, salah satunya iktikaf. Lebih lanjut, suatu saat Ony datang ke sebuah pengajian di kawasan Puri Kembangan, Jakarta Barat.

Meskipun kegiatan baru dimulai hampir tengah malam, Ony tetap berusaha tetap mengikutinya. Zikir demi zikir terlontar dari bibir Ony Syahrial sampai akhirnya dia tertidur.

Baca juga: Perjalanan Hijrah Jhody Super Bejo, Berawal Serangan Jantung hingga Mantap Hapus Tato 

Saat bangun, dia mendapati keanehan dari seseorang di sebelahnya. Hal itu lantas membuat Ony ragu mengikuti rangkaian kegiatan dalam pengajian tersebut.

"Ketiduran, pas bangun tahu-tahu sudah ada yang kejut-kejut sambil zikir, kayak kesetrum. Waduh apa nih? Wah, bukan ini nih yang dicari," kata Ony.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Tidak pantang menyerah, ia kemudian mencari tempat pengajian lainnya. Tapi lagi-lagi Ony menemukan suatu hal yang membuatnya kembali ragu.

"Waktu ke situ ditanya, 'antum angkatan berapa?' 'Hah, emang ada angkatan di sini? Ane nemenin kawan aja, belajar ikut nimbrung'," ujarnya.

Baca juga: Cerita Pemuda Berani Hijrah: Hapus Tato Bayar Pakai Surat Ar-Rahman 

Satu hal yang makin membuat Ony merasa pengajian kedua ini tidak juga sesuai adalah ucapan kiai di tengah-tengah pembahasan.

"Kiai ini bilang kita tangguhkan dulu, di sini ada yang belum selevel, ane masih di bawah kan, khawatir enggak diterima kali," lanjut Ony.

Dari situlah Ony Syahrial mulai paham apa makna 'angkatan yang dimaksud'. Saat itu juga Ony yakin ini bukanlah pengajian yang sesuai dengannya.

Baca juga: Ini Sosok Ustadz yang Membimbing Uki Kautsar eks Noah Mantap Hijrah, Jalankan Sunnah-Sunnah Nabi 

"Tiap ketemu (ditanya) angkatan berapa? Antum udah naik belum? Ternyata naik level, tarekat," ucap Ony.

"Kayaknya bukan ini juga," tambahnya.

Pencarian Ony berujung di tempat pengajian selanjutnya. Kala itu dia diajak oleh seorang kawan dan di sanalah Ony menilai adanya perbedaan dengan tempat pengajian sebelum itu.

"Jamaahnya anak muda semua, pakaian beda, begitu sholat merapat," tutur Ony Syahrial.

Ia akhirnya menemukan tempat pengajian yang sesuai sunnah dan mampu membimbingnya mempelajari ibadah. Mulai sholat hingga berwudhu dengan benar, semua Ony Syahrial bisa rasakan di sana.

Wallahu a'lam bisshawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini