Share

Bacaan Doa Mencari Barang Hilang Beserta Tata Caranya

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Senin 24 Oktober 2022 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 24 618 2693128 bacaan-doa-mencari-barang-hilang-beserta-tata-caranya-yXgROC5vPw.jpg Ilustrasi bacaan doa mencari barang hilang. (Foto: Shutterstock)

BACAAN doa mencari barang hilang sangat penting diketahui. Pasalnya sebagai manusia terkadang suka lupa meletakkan barang ataupun kehilangan sesuatu. Guna menemukannya, perlu dilakukan dengan bacaan doa.

Ketika barang penting seperti dompet, handphone, uang, kunci, dan lainnya hilang tentu membuat kebingungan. Selain berusaha mencarinya, perlu juga memanjatkan doa mencari barang hilang.

BACA JUGA:Viral Bocah Ziarah Sendirian di Makam Orangtuanya, Netizen: Doa-doamu Menggetarkan Langitย 

Doa merupakan ibadah permintaan atau permohonan seorang hamba yang menyerahkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta'ala disertai kerendahan hati untuk mendapatkan suatu kebaikan. Doa merupakan bentuk komunikasi verbal yang terjadi antara manusia dan Allah Azza wa Jalla.ย 

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Doa dilakukan ketika mengalami kesusahan maupun saat mendapat kemudahan dalam kehidupan di dunia. Sikap dalam berdoa yaitu harus khusyu' dan tadharru' ketika menghadapkan diri kepada-Nya.

Sebab, sekeras apa pun berusaha mencari barang, tetap saja akhirnya Allah Subhanahu wa ta'ala yang menentukan. Maka berdoalah meminta agar barang hilang segera ditemukan.

BACA JUGA:Hari Santri 2022, Menag: Doakan Para Pahlawan, Kiai, Bangsa, dan Ulamaย 

Doa Mencari Barang Hilang

Berikut adalah lafadz bacaan doa saat kehilangan barang lengkap dengan bahasa Arab, tulisan latin, dan artinya atau terjemahan bahasa Indonesia.

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ูŠูŽุง ุฌูŽุงู…ูุนูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ู„ููŠูŽูˆู’ู…ู ู„ูŽุง ุฑูŽูŠู’ุจูŽ ูููŠู’ู‡ู ุงูุฌู’ู…ูŽุนู’ ุจูŽูŠู’ู†ููŠู’ ูˆูŽุจูŽูŠู’ู†ูŽ ุถูŽุงู„ู‘ูŽุชููŠู’ ูููŠู’ ุฎูŽูŠู’ุฑู ูˆูŽุนูŽุงูููŠูŽุฉู

Allahumma ya jamiโ€˜an nasi li yaumin la raiba fihi, ijmaโ€™ baiia wa baina dlallati fi khairin wa โ€˜afiyah.

Artinya: "Ya Allah, wahai Tuhan yang mengumpulkan semua manusia di hari yang tiada ragu lagi padanya. Pertemukan aku dan barangku yang hilang dengan kebaikan dan โ€˜afiyah."ย 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu ada pula doa agar Allah Subhanahu wa ta'ala menjaga barang yang hilang serta memohon agar Allah Ta'ala memberi kemudahan supaya kita bisa segera menemukan barang atau sesuatu yang hilang.

ุฃู† ู…ู† ุถุงุน ู„ู‡ ุดูŠุก ูู„ูŠุชูˆุถุฃ ูˆู„ูŠุตู„ ุฑูƒุนุชูŠู† ูˆู„ูŠุชุดู‡ุฏ ูˆู„ูŠู‚ู„:ุจุณู… ุงู„ู„ู‡ ูŠุง ู‡ุงุฏูŠ ุงู„ุถู„ุงู„ ูˆุฑุงุฏ ุงู„ุถุงู„ุฉ ุงุฑุฏุฏ ุนู„ูŠ ุถุงู„ุชูŠ ุจุนุฒุชูƒ ูˆุณู„ุทุงู†ูƒ ูุฅู†ู‡ุง ู…ู† ุนุทุงุฆูƒ ูˆูุถู„ูƒ

Artinya: "Barangsiapa kehilangan sesuatu hendaknya berwudu lalu sholatlah dua rakaat kemudian ucapkan kalimat syahadat kemudian katakan 'Bismillahi yaa haadi al-dhalal wa raadi al-dhaalah, urdud โ€˜ala dhaalatii bi izzatika wa sulthanika fainnahaa min โ€˜athaaika w fadhlika' (Bismillah, wahai Yang Maha Memberikan Petunjuk sesuatu yang hilang arah, wahai yang Maha Mengembalikan sesuatu yang hilang, kembalikanlah kepadaku barangku yang hilang dengan kemuliaanmu dan kekuasaanmu, sesungguhnya itu adalah dari pemberianmu dan kemurahanmu)."

Wallahu a'lam bisshawab.ย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini