Share

Profil Ghanim Al Muftah, Penyandang Disabilitas yang Membuka Piala Dunia 2022 Qatar dengan Bacaan Alquran

Hantoro, Jurnalis · Senin 21 November 2022 15:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 21 614 2711735 profil-ghanim-al-muftah-penyandang-disabilitas-yang-membuka-piala-dunia-2022-qatar-dengan-bacaan-alquran-ggTkfn98Ir.jpg Profil Ghanim Al Muftah penyandang disabilitas pelantun Alquran di pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Instagram @iamyeedo)

NAMA Ghanim Al Muftah menjadi pusat perhatian publik dunia setelah membuka gelaran akbar Piala Dunia 2022 Qatar dengan bacaan ayat suci Alquran. Ia melantunkan Surat Al Hujurat Ayat 13.

Dalam opening ceremony Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt, Ahad 20 November 2022, Ghanim Al Muftah melakukan teatrikal bersama aktor ternama dunia Morgan Freeman. Ghanim lalu membacakan Surat Al Hujurat Ayat 13.

BACA JUGA:Barakallah! Alquran Surat Al Hujurat Ayat 13 Jadi Pembuka Piala Dunia 2022 Qatar 

Profil Ghanim Al Muftah 

Dikutip dari Ghanimalmuftah.org, Ghanim Al Muftah lahir pada 5 Mei 2002. Ia lahir dengan kondisi langka yang dikenal sebagai Caudal Regression Syndrome (CRS).

Ghanim selama ini dikenal sebagai figur publik, pengusaha muda, hingga penggiat media sosial. Ia mengelola beberapa akun media sosial seperti Instagram dan YouTube. 

Hafidz Quran Ghanim Al Muftah membuka Piala Dunia 2022 dengan bacaan ayat suci Alquran. (Foto: Instagram @muslimfootballersofficial)

Ia sejak lahir sudah menderita CRS yakni suatu kondisi yang memengaruhi perkembangan bagian bawah tubuh, tulang belakang, tungkai, kandung kemih, serta usus.

Tulang di tubuh bagian belakang bawah Ghanim tumbuh tidak normal atau bahkan tak ada. Kondisi ini seringkali memengaruhi bagian dada yang membuat penderitanya sulit bernapas.

BACA JUGA:Makna Surat Al Hujurat Ayat 13 yang Dibaca saat Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar 

Dokter pernah memberi tahu sang ibu bahwa Ghanim tidak akan bisa bertahan lama. Berdasarkan perhitungan medis, usia Ghanim diperkirakan bertahan maksimal 15 tahun.

Tapi berkat tekad yang kuat untuk bertahan, ditambah dorongan semangat dari keluarga, Ghanim bisa sehat walafiat sampai sekarang. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Keterbatasan Bukan Hambatan 

Ghanim Al Muftah menegaskan tidak mengalami hambatan dengan kondisi tersebut. Ia telah belajar mengatasi keterbatasan yang dialami dengan sikap positif dan kepemimpinan. Inilah yang membuatnya menjadi karakter luar biasa dan menginspirasi.

Dia dilaporkan mengenyam pendidikan jurusan ilmu politik dengan berkuliah di Universitas Loughborough, Inggris. Adapun cita-citanya adalah menjadi seorang diplomat.

Kemudian sebagai penyandang disabilitas, Ghanim Al Muftah ternyata bisa menjalani sejumlah olahraga ekstrem. Di antaranya adalah scuba diving, skateboard, hingga panjat tebing.

Wallahu a'lam bisshawab

Ghanim Al Muftah. (Foto: Instagram @iamyedoo)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini