Share

Mukjizat Nabi Zulkifli Sangat Sabar Sampai Setan pun Mengaku Kalah

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Senin 05 Desember 2022 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 05 614 2720901 mukjizat-nabi-zulkifli-sangat-sabar-sampai-setan-pun-mengaku-kalah-T62HgagQSV.jpg Ilustrasi mukjizat Nabi Zulkifli Alaihissallam. (Foto: Shutterstock)

PARA nabi diberikan mukjizat luar biasa oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala, termasuk pula Nabi Zulkifli Alaihissallam. Mukjizat Nabi Zulkifli bahkan bisa dijadikan pelajaran bagi semua umat Islam dalam menahan kesabaran.

Ya, Nabi Zulkifli Alaihissallam adalah sosok yang sangat sabar. Selama menjadi seorang raja di negeri Syam, Nabi Zulkifli tidak pernah sekalipun marah ketika menetapkan putusan hukum.

Beliau juga dikenal berpegang teguh dalam memegang janji kepada Raja Israil bernama Ilyasa sebagai pemimpin terdahulu.

Ilyasa begitu percaya pada pria bernama Basyar untuk menggantikan takhtanya dan sampai menyebutnya dengan nama Zulkifli yang berarti sanggup memegang janji.

BACA JUGA:6 Mukjizat Nabi Ilyasa, Dapat Memurnikan Air hingga Menghidupkan Orang Meninggal 

Mukjizat Nabi Zulkifli

Salah satu mukjizat Nabi Zulkifli Alaihissallam adalah kesabaran yang tiada tara. Dalam Alquran sekalipun disebutkan pula tentang kesabaran sang nabi.

وَإِسْمَٰعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا ٱلْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِّنَ ٱلصَّٰبِرِينَ

"Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris, dan Zulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar." 

Info grafis sholawat Nabi. (Foto: Okezone)

Ada sebuah kisah yang menjadi bukti kesabaran Nabi Zulkifli Alaihissallam. Dahulu saat masih memimpin Negeri Syam, Nabi Zulkifli pernah menjadi sasaran godaan setan.

Sesosok setan dengan wujud laki-laki datang hendak menemui Nabi Zulkifli Alaihissallam untuk meminta keadilan hukum. Namun, ia sedang beristirahat dan meminta "si tamu" memasuki ruang pengadilan terlebih dahulu.

Ketika Nabi Zulkifli Alaihissallam telah selesai beristirahat dan hendak menemui tamunya, laki-laki tersebut sudah tidak ada. Ditunggu cukup lama pun dia tidak kunjung kembali.

BACA JUGA:Kisah Mukjizat Nabi Ibrahim, Tahan Dibakar Api hingga Bisa Membangun Kakbah 

Kejadian itu berulang lagi di keesokan harinya. Tidak terpancing emosi, Nabi Zulkifli Alaihissallam tetap sabar.

Sampai ketiga kalinya setan menemui Nabi Zulkifli Alaihissallam. Kali ini dia nekat masuk ke rumah Nabi Zulkifli lalu mengetuk pintu kamar tempatnya beristirahat.

Lagi-lagi Nabi Zulkifli Alaihissallam tetap sabar tanpa emosi sedikit pun. Justru sang Nabi malah menemani setan itu.

Hingga akhirnya setan tersebut menyerah dan mengakui perbuatannya. Dia hanyalah suruhan iblis yang ingin sekali menggoda serta memancing emosi Nabi Zulkifli Alaihissallam yang dikenal amat sabar. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Doa yang Dikabulkan

Mukjizat Nabi Zulkifli Alaihissallam lainnya berupa doa yang selalu dikabulkan. Hal ini dibuktikan dari sebuah kisah tentang sang Nabi dan para rakyatnya.

Suatu ketika ada kaum-kaum pemberontak. Nabi Zulkifli Alaihissallam lantas meminta para rakyatnya agar turun berperang melawan kaum tersebut.

Sayangnya, rakyat Nabi Zulkifli tidak menaati perintah tersebut dengan alasan takut mati di medan perang. Tidak ada emosi yang keluar dari seorang Nabi sekaligus raja itu.

Beliau kemudian berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala agar rakyatnya tetap selamat sampai perang berakhir. Atas izin Allah Ta'ala, rakyat Nabi Zulkifli Alaihissallam memenangkan perang dan kembali dengan utuh tanpa kurang satu pun.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini