Share

Melihat seperti Apa Dahsyatnya Kiamat dalam Surat Al Qariah

Hantoro, Jurnalis · Selasa 06 Desember 2022 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 06 330 2721530 melihat-seperti-apa-dahsyatnya-kiamat-dalam-surat-al-qariah-Da1UaDc0pY.jpg Ilustrasi melihat seperti apa dahsyatnya kiamat dalam Surat Al Qariah. (Foto: Freepik)

MELIHAT seperti apa dahsyatnya kiamat dalam Surat Al Qariah. Surat Al Qariah merupakan surat ke-101 dalam kitab suci Alquran. Surat ini memiliki arti "Hari Kiamat". Kemudian berisi 11 ayat dan termasuk golongan Makkiyyah atau turun di Kota Makkah.

Surat Al Qariah menegaskan sekaligus mengingatkan bahwa hari kiamat pasti datang. Tidak ada satu pun yang mengetahui waktunya selain Allah Azza wa Jalla.

BACA JUGA:10 Tanda Kiamat Berdasarkan Hadits dan Alquran 

 

BACA JUGA:7 Golongan yang Terlindungi dari Panas Matahari di Hari Kiamat Kelak, Siapa Saja? 

Diterangkan bahwa tidak ada yang pernah tahu kapan pastinya datang hari kiamat. Bahkan, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam sebagai kekasih Allah Subhanahu wa Ta'ala pun tidak mengetahuinya.

Mempercayai hari kiamat merupakan salah satu Rukun Iman di dalam Islam. Pada hari tersebut manusia akan dibangkitkan kembali, dikumpulkan di Padang Mahsyar, kemudian segala amal perbuatan dihisab.

Datangnya kiamat kecil (sugra) dan kiamat besar (subro) sudah diperingatkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dai lulusan Universitas Islam Madinah, Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA, menyebutkan bahwa salah satu julukan hari kiamat adalah Al Qariah. Ia berasal dari kata Al-Qar' yang bermakna "Pukulan Kuat".

Demikianlah hari kiamat, kedahsyatannya kelak akan menghantam dengan kuat hati manusia yang menyaksikannya. Langit terbelah, bintang berjatuhan, cahaya matahari meredup, pegunungan luluh-lantak, dan berbagai fenomena menakutkan lainnya yang amat mengejutkan.

Allah Subhanahu wa Ta'ala menyebutkan kaum 'Ad dan Tsamud secara khusus, karena keduanya merupakan bangsa legenda Arab yang dikenal pasti oleh kaum Quraisy, sebagai bangsa yang kuat dan sangat makmur, agar mereka sadar.

Wallahu a'lam bisshawab. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini