Share

Bom Bunuh Diri di Polsek Astana Anyar Bandung, Ini Hukumnya Menurut Islam

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 07 Desember 2022 11:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 12 07 330 2722175 bom-bunuh-diri-di-polsek-astana-anyar-bandung-ini-hukumnya-menurut-islam-xYjr14SJDl.jpg Bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung. (Foto: Istimewa)

BOM bunuh diri terjadi di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, pada Rabu 7 Desember 2022 pagi. Pelaku dikabarkan meninggal di lokasi kejadian, sementara sejumlah petugas kepolisian mengalami luka-luka.

Bagaimana pandangan agama Islam mengenai bom bunuh diri ini? Wakil Ketua Ketua Ikatan Sarjana Quran Hadits Indonesia Ustadz Fauzan Amin mengatakan tindakan bunuh diri sangat dilarang, hukumnya dosa besar.

"Pada dasarnya bunuh diri dan merugikan pihak lain apalagi sesama Muslim yang menjadi korban adalah dosa besar dan aniaya," ujarnya saat dihubungi Okezone.

BACA JUGA:Bom Bunuh Diri Meledak di Polsek Astanaanyar saat Polisi Apel Pagi 

 

BACA JUGA:Jadwal Sholat Hari Ini Rabu 7 Desember 2022M/13 Jumadil Awal 1444H 

Penjelasan tersebut selaras dengan isi Surat An-Nisa Ayat 29:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَأْكُلُوا أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلَّا أَنْ تَكُونَ تِجَارَةً عَنْ تَرَاضٍ مِنْكُمْ ۚ وَلَا تَقْتُلُوا أَنْفُسَكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيمًا

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama-suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu; sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu." 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Follow Berita Okezone di Google News

Ustadz Fauzan Amin menjelaskan, bom bunuh diri sangat diharamkan di dalam agama Islam. Maka bagi si pelaku balasannya adalah neraka jahanam. Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

مَنْ قَتَلَ نَفْسَهُ بِحَدِيدَةٍ فَحَدِيدَتُهُ فِي يَدِهِ يَتَوَجَّأُ بِهَا فِي بَطْنِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا وَمَنْ شَرِبَ سَمًّا فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَهُوَ يَتَحَسَّاهُ فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا وَمَنْ تَرَدَّى مِنْ جَبَلٍ فَقَتَلَ نَفْسَهُ فَهُوَ يَتَرَدَّى فِي نَارِ جَهَنَّمَ خَالِدًا مُخَلَّدًا فِيهَا أَبَدًا

Artinya: "Barang siapa yang bunuh diri dengan besi, maka besi yang tergenggam di tangannya akan selalu ia arahkan untuk menikam perutnya dalam neraka Jahanam secara terus-menerus dan ia kekal di dalamnya. Barang siapa yang bunuh diri dengan cara meminum racun maka ia akan selalu menghirupnya di neraka jahanam dan ia kekal di dalamnya. Barang siapa yang bunuh diri dengan cara terjun dari atas gunung, maka ia akan selalu terjun ke neraka Jahanam dan dia kekal di dalamnya." (HR Muslim)

Sementara dai muda Ustadz Abdurrohman Djaelani atau akrab disapa Udjae juga mengatakan haram hukumnya dalam Islam melakukan aksi bom bunuh diri yang juga merugikan semua pihak.

"Haram dalam Islam bom bunuh diri karena di sini bukan ranah konflik dan bukan saat peperangan," ujarnya.

Wallahu a'lam bisshawab

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini