nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Penyebab Mulut Bau Tak Sedap saat Berpuasa

Rahma Yulita, Jurnalis · Jum'at 26 April 2019 20:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 04 26 616 2048524 ini-penyeab-mulut-bau-tak-sedap-saat-berpuasa-WDtD6lRYUK.jpg Bau mulut saat berpuasa disebabkan oleh bakteri (Foto : efficientmicrobes)

Saat berpuasa, mulut cenderung kering karena tidak ada asupan makanan dan minuman untuk waktu yang cukup lama, dari sahur hingga berbuka. Tidak jarang ini bisa menyebabkan bau tak sedap alias bau mulut.

Banyak orang yang bertanya, kenapa sih mulut menjadi lebih bau saat sedang berpuasa? Selain karena tidak adanya asupan makanan dan minuman yang masuk selama 13 jam, sehingga menyebabkan mulut menjadi kering, ternyata alasan utama bau mulut adalah karena bakteri.

Bakteri-bakteri berkembang sangat banyak saat mulut sedang kering. Saat mulut kering, produksi air liur yang berfungsi untuk membilas kuman penyebab plak dan bau mulut otomatis menurun. "Dengan bakteri yang terus berkembang biak tanpa adanya pembilasan air liur, maka kondisi ini menghasilkan gas berbau tidak sedap dari dalam mulut," ujar Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClientDent., MDSc. selaku pakar kesehatan gigi dan mulut saat ditemui Okezone di acara yang berada di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Bau Mulut

Saat mulut berbau tidak sedap, hal ini akan membuat sesrorang menjadi tidak pede saat berbicara dengan orang lain. Maka dari itu, sangat perlu untuk tetap menjaga kesehatan gigi dan mulut terutama di bulan puasa. Dokter Ratu memberi saran agar mulut tetap terjaga kesehatannya saat berpuasa. "Perbanyak air putih dan makanan berserat di kala sahur dan berbuka, serta pastikan menyikat gigi setelahnya. Hindari makanan berlemak, terlalu manis dan asin, serta minuman yang tinggi kadar kafein.", jelasnya.

Selain itu, Ustadzah Aini Aryani, LC mengatakan bahwa penting menjaga kesehatan dan kesegaran mulut, terumata di bulan Ramadan. Saat berpuasa, mulut adalah anggota tubuh yang memerlukan perhatian lebih karena mulut merupakan pintu gerbang dari segala kebaikan yang dapat kita berikan bagi tubuh sendiri dan orang lain. Jangan sampai bau mulut.

"Yang utama, kita harus menjaga agar segala asupan yang mulut kita konsumsi di bulan Ramadan memenuhi nilai halalan thayyiban sehingga berpuasa dapat menjadi sebuah amalam yang sempurna dan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh", paparnya.

(ABD)

Berita Terkait

Tips Puasa Sehat

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini