Sambut Ramadan, Olahan Daging Berkualitas Bisa Jadi Pilihan Terbaik Jaga Stamina Berpuasa

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 04 Mei 2019 09:56 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 04 614 2051408 sambut-ramadan-olahan-daging-berkualitas-bisa-jadi-pilihan-terbaik-jaga-stamina-berpuasa-iNAb5InT3d.jpeg Olahan daging berkualitas (Foto: Dimas/Okezone)

Bingung mau masak apa untuk mengawali Bulan Ramadan nanti? Anda bisa coba olahan daging yang dipadukan dengan buah-buahan sebagai alternatifnya. Meski di Indonesia resep ini masih terdengar asing, namun rasa dan manfaat kesehatannya bisa membantu Anda menjalani ibadah puasa.

Kombinasi daging dan buah-buahan umumnya memang sering digunakan oleh orang-orang western. Kendati demikian, Chef Vania Wibisono mengatakan, hidangan seperti ini sebetulnya juga bisa dinikmati oleh lidah orang Indonesia karena cita rasa yang disuguhkan cenderung gurih dengan sensasi manis yang khas.

Apalagi jika hidangan diolah menggunakan daging berkualitas. Sebut saja daging sapi dari Negeri Kangguru, Australia. Selama ini, Australia memang dikenal memiliki produk daging berkualitas baik karena menerapkan sistem produksi yang sangat ketat.

Seluruh produk diawasi dengan sistem audit yang dilakukan secara independen, termasuk transportasi, penyembelihan dan ekspor.

Proses produksi tersebut juga didukung oleh kondisi alam Australia yang masih sangat alami. Mulai dari lahan padang rumput yang luas, curah hujan yang bersih, udara bersih, dan banyak sinar matahari. Sehingga produk-produk daging sapi yang diekspor adalah produk dari lingkungan alam mereka sendiri.

daging

Di samping itu, daging sapi Australia juga mengandung 7 nutrisi esensial. Nutrisi itu adalah sumber protein, zat besi, zat seng, vitamin B12, omega 3, Selenium, Magnesium.

"Daging sapi penting bagi orang ayng memiliki kebutuhan zat besi yang tinggi seperti bayi, anak balita, gadis remaja dan wanita dewasa dalam usia melahirkan anak," tutur Chef Vania Wibisono saat ditemui Okezone beberapa waktu lalu.

Untuk alasan ini, daging sapi direkomendasikan sebagai makanan pertama bayi yang kaya zat besi sejak berusia 6 bulan. Sementara untuk orang dewasa, olahan daging bisa dikombinasikan dengan buah-buahan untuk mendapatkan lebih banyak lagi nutrisi dan vitamin dalam menunjang kesehatan tubuh.

Perlu diketahui bahwa, zat besi memiliki peran dalam proses metabolisme tubuh, pertumbuhan dan perkembangan fungsi normal sel-sel tubuh, serta pembentukan hormon dan jaringan ikat. Manfaaf zat besi lainnya adalah untuk menghasilkan energi dari asupan yang bernutrisi. Sehingga akan sangat berguna sebagai sumber nutrisi di bulan puasa.

Vania mengatakan, daging sapi mengandung lebih banyak zat besi dan zat seng daripada ayam dan ikan. Jenis dari zat besi yang di temukan di daging sapi dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

"Tubuh menyerap jumlah zat besi yang sama dari 100 gram daging sapi yang telah masak, maka Anda perlu untuk makan daging sapi setidaknya minimal 3-4 kali dalam seminggu untuk pemenuhan zat besi sehari-hari," tutur Vania.

Nah, bagi Anda yang ingin mencari daging berkualitas, Meat and Livestock Australia bekerjasama dengan Morelink Asia Pacific dan Hypermart mengadakan “Australian Fair” yang berlangsung di seluruh gerai Hypermart mulai dari tanggal 27 April - 30 Mei mendatang.

Selain mempromosikan produk daging berkualitas, program ini juga memberikan edukasi kepada konsumen tentang penggunaan aneka buah pir dan anggur Australia yang merupakanbuah-buahan dengan nutrisi sehat untuk dikonsumsi, serta dapat diolah menjadi berbagai hidangan lainnya, selain dimakan langsung.

Australia merupakan negara yang berhasil melakukan ekspordaging domba terbesar kedua dan daging sapi terbesar ketiga di dunia pada tahun 2017 lalu. Daging sapi dan daging domba muda Australia dipasok ke lebih dari 100 pasar di seluruh dunia.

Kualitas ekspor daging Australia memenuhi berbagai persyaratan internasional sejalan dengan komitmen atas keamanan pangan, integritas dan kualitas produk yang tinggi serta diaudit secara independent atas produksi hewan di seluruh rantai, termasuk transportasi, penyembelihan dan ekspor.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya