Share

7 Tips Redakan Amarah saat Berpuasa

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Rabu 08 Mei 2019 08:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 08 616 2052838 7-tips-redakan-amarah-saat-berpuasa-iyitguRSS2.jpg Menahan Emosi di Bulan Puasa (Foto: Pixabay)

AMARAH atau emosi terkadang sulit dikendalikan selama bulan puasa. Hal itu pasti pernah dirasakan setiap orang saat menjalankan ibadah puasa. Tapi awas, jika kamu tak bisa mengendalikan rasa amarah kamu selama bulan puasa, hal itu bisa mengurangi nilai pahala dan ibadah kamu loh!

Rasulullah juga sudah menjelaskan bahwa orang kuat itu bukanlah yang menang dalam gulat tetapi orang kuat adalah yang mampu menahan nafsu amarahnya (HR. Bukhari dan Muslim).

Berikut adalah tips-tips untuk bisa mengendalikan amarah di saat puasa, seperti yang dilansir dari Dailypunch, Rabu (8/5/2019):

Baca juga :

1. Membaca ta’awudz

أعوذُ بالله مِنَ الشَّيْطانِ الرَّجيمِ

A’-uudzu billahi minas syaithanir rajiim

Yang artinya: Saya berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.

Membaca ta'awudz di saat-saat kemarahan memang dianjurkan oleh Rasulullah. Seperti Sabdanya:

“Sungguh saya mengetahui ada satu kalimat, jika dibaca oleh orang ini, marahnya akan hilang. Jika dia membaca ta’awudz: A’-uudzu billahi minas syaithanir rajiim, marahnya akan hilang.”(HR. Bukhari dan Muslim).

Anda dapat melafalkan kata-kata ini sebanyak yang Anda inginkan, jika Anda merasa marah atau frustrasi. Melakukannya akan membantu Anda terlibat dalam aktivitas positif. Ini juga akan membantu Anda menyadari bahwa kemarahan merupakan tipuan iblis atau setan.

2. Mengubah Posisi

Rasulullah mengajarkan agar kita agar kita merubah posisi supaya amarah kita terkendali. Jika Anda mendapati diri Anda marah tentang sesuatu dan Anda berdiri, segeralah duduk. Demikian pula jika Anda kehilangan kesabaran saat duduk, obatnya adalah berbaring. Dalam sebuah hadits dikatakan:

“Kalau kalian marah maka duduklah, kalau tidak hilang juga maka bertiduranlah.” (HR. Abu Dawud).

3. Wudhu / Mandi

Rasulullah telah mengarahkan umat Islam untuk melakukan wudhu atau mandi untuk menghilangkan amarah. Anda juga bisa mencuci muka. Pada dasarnya, air bertindak sebagai zat pendingin dan Anda langsung merasa lebih baik dan lebih tenang. Karena kita tidak bisa minum air saat puasa, mencuci muka atau mandi adalah hal yang bisa Anda lakukan untuk meredam amarah. Rasulullah bersabda:

“Kemarahan itu dari setan, sedangkan setan tercipta dari api, api hanya bisa padam dengan air, maka kalau kalian marah berwudlulah.” (HR. Abu Dawud).

4. Mengalihkan perhatian Anda

Psikolog merekomendasikan menggunakan teknik pengalih perhatian untuk mengendalikan amarah Anda. Ini bisa termasuk melakukan meditasi, menarik napas dalam-dalam atau menghitung hingga 50 sebelum bereaksi terhadap situasi yang mungkin membuat Anda kesal. Melakukannya akan membantu Anda menganalisis situasi secara rasional. Itu juga akan menghentikan Anda dari membuat pernyataan atau tindakan yang mungkin Anda sesali nanti.

5. Terlibat dalam beberapa latihan fisik

Orang yang memiliki masalah agresi jangka panjang sebagian besar disarankan untuk menyalurkan agresi mereka dalam kegiatan yang positif atau sehat. Melakukan latihan fisik seperti berlari, bersepeda atau berenang akan membantu Anda mengendalikan emosi sekaligus meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan.

6. Pikirkan konsekuensi dari kemarahan

Kita sering mendengar cerita tentang orang yang membunuh atau melukai orang lain karena marah. Kemarahan sangat berbahaya dalam perkawinan, ketika suami dan istri berpuasa dan kemungkinan besar akan marah satu sama lain karena masalah terkecil. Beberapa pria bahkan diketahui menceraikan istri mereka dalam kemarahan, hanya untuk kemudian menyesalinya. Untuk menghindari penyesalan yang tidak berguna ini, orang harus memikirkan konsekuensi dari tindakan atau komentar yang marah.

7. Diam

Terkadang, Diam adalah jawaban terbaik untuk orang yang menjengkelkan. Terlibat dalam pertarungan fisik atau verbal akan semakin meningkatkan kemarahan. Sedangkan selama berpuasa dilarang untuk marah. Dalam sebuah hadits dikatakan:

“Ajarilah (orang lain), mudahkanlah, jangan mempersulit masalah, kalau kalian marah maka diamlah.” (HR. Ahmad).

Itulah beberapa tips menjaga amarah. Semoga puasa anda diberi kelancaran tanpa ada perasaan amarah. Selamat Mencoba.  

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini