nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta-Fakta Menarik tentang Alquran Mukjizat Terbesar Nabi Muhammad SAW

Iqbal Dwi Purnama, Jurnalis · Jum'at 10 Mei 2019 21:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 05 10 614 2054183 fakta-fakta-menarik-tentang-alquran-mukjizat-terbesar-nabi-muhammad-saw-C5sddkW7O0.jpg Fakta-fakta menarik Alquran (Foto : Factretriever)

Alquran secara Bahasa berarti “Bacaan”. Alquran merupakan kitab suci umat Islam yang menjadi mukijzat terbesar Nabi Muhammad. Mukjizat terbagi menjadi dua, ada mukjizat kauniyah dan mukjizat aqiliyah. Mukjizat Kauniyah merupakan mukjizat yang berkaitan dengan peristiwa alam, seperti peristiwa dibelahnya bulan menjadi dua oleh Nabi Muhammad dan Peristiwa dibelahnya laut Merah oleh Nabi Musa as dengan tongkat.

Sedangkan mukjizat Aqiliyah adalah mukjizat yang dapat di pahami secara logika, seperti Alquran. Ada Beberapa hal menarik tentang Alquran, yaitu :

1. Alquran menggunakan istilah "Allah" untuk menyebut tuhan. Artinya Alquran menekankan keilahian tertinggi daripada dewa, suku, atau etnis yang disembah oleh orang-orang yang sezaman dengan Nabi Muhammad SAW.

2. Bersama-sama, Alquran dan Hadits membentuk "syariah," yang berarti hukum suci. Di dalam Al Quran tidak hanya mengisahkan sejarah Orang – Orang terdahulu. Melainkan juga memberikan pedoman hidup bagi umat Muslim.

alquran

3. Menjadi otoritas hukum umat Muslim. Tidak seperti kebanyakan sistem hukum, yang mengembangkan hukum melalui badan-badan legislatif, dunia Islam bergantung pada Quran dan Hadits untuk otoritas hukum mereka; hakim hanya menafsirkan

4. Alquran terdiri dari 30 juz, 114 Surah, dan 6236 ayat (menurut riwayat hafsh). Sedangkan menurut riwayat lain, (riyawat Ad- Dur). Menurut riwayat Warsy terdapat 6214 ayat dalam Alquran.

5. Ketika Alquran pertama kali dicetak, seorang pemimpin Muslim terkemuka mengumpulkan sebuah komite yang mencakup umat Islam yang telah menghafal seluruh Alquran selama masa nabi, untuk membandingkan apa yang dikumpulkan dengan apa yang telah mereka hafal.

6. Saddam Husein (Presiden Irak pada 1979 hingga 2003) pernah menyuruh untuk menuliskan Alquran dengan darahnya sendiri. Pembuatan Alquran tersebut memakan waktu dua tahun dengan menghabiskan 27 liter darah Saddam Hussein.

7. Alquran terbesar di dunia diciptakan oleh kaligrafer asal Afghanistan, Mohammed Sabeer Hussaini dan tim mahasiswa dan seniman. Mereka bekerja lima tahun selama 18 jam sehari untuk membuat buku 1,102 pound atau setara 500 kilogram.

8. Butuh waktu lama untuk menyelesaikannya. Karena Alquran diciptakan dengan memakan waktu 22 tahun, 2 Bulan, 22 hari. Alquran selesai di turunkan pada tanggal 9 Dzulhijjah tahun 10 Hijriah.

9. Terdapat 144 “Bismillah” dalam Alquran. Bismillah ditulis dalam Alquran Setiap awal pembukaan surat. Kecuali Dalam Surat At Taubah, akan tetapi di dalam surat An – Naml, “Bismillah” ditulis dua kali. Jadi jumlah “Bismillah” di dalam Alquran, setara dengan jumlah surat dalam Alquran.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini