Mahalnya Ongkos Mudik Lebaran 2019

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 13 Mei 2019 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 13 614 2055029 mahalnya-ongkos-mudik-lebaran-2019-ihSkA6qQLA.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Jelang mudik Lebaran, masyarakat sudah mulai mencari tiket transportasi, baik itu bus, pesawat, kereta api, atau juga kapal air. Bahkan, di beberapa tempat, tiket mudik ini sudah ludes terjual padahal belum lama dibuka loketnya.

Terkait dengan harga yang ditawarkan, beberapa orang menganggapnya terlalu mahal. Ini menjadi pertimbangan dan akhirnya mengurungkan niat untuk mudik dan bertemu keluarga di kampung. Namun, menurut Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi, untuk harga pesawat, masih sesuai di bawah tarif batas atas.

"Kalau harga pesawat masih sesuai, malah di bawah tarif batas atas. Untuk moda transportasi lain kami belum tahu, harus disurvei dulu, khususnya bus," kata Tulus kepada Okezone melalui pesan singkat, Senin (13/5/2019).

 

Sayangnya, apa yang dikatakan Tulus berbeda dengan pernyataan seorang konsumen bernama Saiful. Menurutnya, harga tiket mudik pesawat 2019 ini terlalu mahal.

 Baca Juga: Bolehkah Tidur di Masjid Siang Hari Setelah Salat?

"Untuk dua orang pulang-pergi Jakarta-Surabaya di kelas ekonomi, kita mesti mengeluarkan uang Rp6 juta. Bagi saya ini terlalu mahal, karena belum termasuk dengan uang lain-lainnya," curhatnya pada Okezone.

Pengeluaran lainnya ini meliputi biaya transportasi darat dari Surabaya ke Jember. Setelah itu, sambung Saiful, dia harus melanjutkan perjalanan ke Mojokerto, baru kemudian arah pulang ke Juanda Internasional Airport .

"Ya, kalau ditotal-total, biaya yang mesti dipersiapan selama 9 hari mudik itu minimal Rp10 juta. Ini sudah termasuk oleh-oleh dan juga keperluan tambahan yang tidak terprediksi," tambahnya.

Dengan harga tersebut, bagi Saiful, itu sangat memberatkan. Terlebih dengan pengeluaran di Ramadan ini yang cenderung lebih tinggi. Dia berharap pemerintah memberikan upaya untuk menurunkan harga tiket.

"Dibanding tahun lalu, harga tahun ini cenderung mahal dan dengan pertimbangan uang Rp10 juta, di tahun lalu itu masih nyisa. Kalau sekarang, itu masih uang minimal yang mesti dipunya untuk mudik," keluhnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya