nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Jadi Penghafal Alquran dari Ustazah Nabila Abdul Rahim

Anggun Tifani, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 10:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 05 20 616 2057792 tips-jadi-penghapal-alquran-dari-ustazah-nabila-abdul-rahim-EEx5HOJi4z.jpg Ustazah Nabila Abdul Rahim (Foto: Anggun Tifani/Okezone)

Nama Ustazah Nabila Abdul Rahim, makin populer namanya usai menjadi juri Hafiz Indonesia, berkat kemahirannya dalam menghafal Alquran.

Melalui acara andalan RCTI ini pun, salah satu tujuan Ustazah Nabila untuk mengembangkan ilmu yang didapatnya di Mekah, agar dapat dibagikan kepada penghafal Alquran di Indonesia.

"Jadi itu memang tujuan kedua orangtua saya mendidik kami di Makkah, agar kami bisa mengembangkan ilmu di Indonesia semoga ini bisa menjadi lebih baik," ujarnya usai acara Festival Hafiz Indonesia di Tangerang, Sabtu (11/5/2019).

Semangatnya itu pun, diharapkannya mampu memotivasi masyarakat, yang kelak ingin menjadi penghafal Alquran. Apalagi, perintah itu datang sendiri dari Nabi Muhammad SAW.

 Perempuan berhijab biru

"Rasullullah menyampaikan bahwa barang siapa yang membaca satu huruf dari Alquran, maka dia akan mendapatkan satu kebaikan dan satu kebaikan itu, akan dilipatgandakan oleh Allah SWT menjadi sepuluh kebaikan," ucapnya.

Menurutnya, kebaikan tersebut dapat menjadi motivasi yang tak hanya berupa pahala, melainkan juga kebaikan dari Allah SWT, berupa berkah kesehatan, kecerdasan dalam menuntut ilmu atau bahkan kelancaran ekonomi dan sebaginya.

Dalam perjalanannya sebagai seorang hafizah, sejak kecil dia telah memiliki trik tersendiri agar target juz yang diinginkannya dapat dicapai olehnya.

"Selama enam tahun saya di SD banyak main, ketika saya sudah serius Alhamdulillah bisa dapat 5 juz. Jadi keseriusan kita itu penting, lalu kita melihat teman-teman kita jadi merasa terpacu, terus ada motivasi dari guru dan orang tua kita insyaAllah kita bisa hafal," tutur Nabila.

Dengan keseriusan itu, ketika SMP dia dapat menghafal 5 juz. Saat lulus SMP dapat hafal 15 juz. Selanjutnya ketika SMA, 30 juz dapat dihafalkannya. Perempuan yang pernah menjadi Guru Ngaji Putri Imam Masjidil Haram ini pun memiliki jam khusus yang dianggapnya merupakan waktu yang tepat untuk menghafal Alquran.

"Jam khusus untuk membaca Alquran biasanya habis Subuh. Memang dalam Alquran menyebutkan baca Alquran ketika Subuh itu Insya Allah lebih nempel dan lebih meresap ke dalam diri kita," pungkas Ustazah Nabila.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini