Menu Sehat Buka Puasa ala Desainer Jenahara, Bagel with Banana & Cream Cheese

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 20 Mei 2019 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 20 616 2057918 menu-sehat-buka-puasa-ala-desainer-jenahara-bagel-with-banana-cream-cheese-FEKEv6fUwO.jpg Bagel with banana and cream cheese (Foto: Jenahara)

MENJAGA asupan makanan selama puasa Ramadan akan memberi efek luar biasa pada tubuh Anda. Selain puasa jadi lancar, tubuh akan jauh lebih sehat karena detoks semakin maksimal.

Untuk bisa mendapat asupan makanan yang bergizi, tentu pemilihan menu berbuka dan sahur yang sehat menjadi poin utamanya. Banyak menu sehat yang bisa dicoba di rumah, tapi apa yang dimasak desainer Jenahara Nasution ini bisa menjadi alternatif pilihan. Selain karena bahannya mudah di dapat, cara membuatnya juga sangat mudah.

Seperti dilihat dari akun Instagram milik desainer Jenahara Nasution @jenaharanasution, desainer modest fashion ini coba membagikan menu sehat yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Nama menu makanannya ialah Bagel with Banana and Cream Cheese. Di caption postingannya, Jenahara juga menyelipkan bahan-bahan apa saja yang digunakan, antara lain;

- 1 bagel

- 1 banana

- Cream Cheese

- Cinnamon powder

- Honey

So, bagaimana cara membuat menu berbuka yang sehat ini?

Diterangkan melalui video, pertama-tama Anda mesti memotong kecil pisang dengan kualitas bagus. Kemudian bagi menjadi dua bagian bagel. Pada bagian dalam bagel, taburi cinnamon powder secukupnya.

Setelah itu Anda memanaskan wajan yang diberi mentega. Biarkan mentega meleleh sempurna dan kalau sudah bakar bagel bagian dalam yang ditaburi cinnamon powder. Awas jangan terlalu gosong, ya.

Kemudian, langkah selanjutnya adalah angkat bagel jika warna sudah kecokelatan. Tambahkan cream cheese favorit Anda ke atas bagian bagel yang kecokelatan. Ratakan dengan sempurna.

Baru setelah itu tempatkan potongan pisang ke atasnya. Lakukan pada semua bagel yang Anda bakar. Jika sudah, sebagai penambah rasa, tambahkan madu ke atasnya dan menu sehat ini sudah bisa menemani buka puasa Anda hari ini. Cukup mudah, bukan?

Di sisi lain, Pakar Gizi Emilia Achmadi menjelaskan kalau menu berbuka puasa itu ada baiknya sesuatu yang hangat. Misalnya teh manis hangat atau makanan lain yang hangat. Ini karena kondisi tubuh yang sebelumnya kosong selama berpuasa, tidak menjadi kaget karena makanan berbuka puasa yang Anda makan terlalu panas atau pedas.

Selain itu, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang berat (penuh dengan karbohidrat) saat berbuka puasa.

"Memilih menu berbuka puasa seperti teh hangat atau teh manis hangat dan kurma sudah sangat tepat. Atau Anda mau mengonsumsi panganan lain yang tak begitu berat juga boleh. Nah, kalau mau makan berat, ada baiknya itu setelah solat Tarawih. Ini cara yang direkomendasikan dan dijamin bikin tubuh nggak malah jadi gemuk saat puasa," ujar Emilia pada Okezone beberapa waktu lalu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya