nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Istimewa, Usia 3 Tahun Hafidz Sudah Hafal 3 Juz Alquran

Koran SINDO, Jurnalis · Senin 27 Mei 2019 00:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 27 614 2060663 istimewa-usia-3-tahun-hafidz-sudah-hafal-3-juz-alquran-2AKtkCWWPK.jpg Ilustrasi penghafal Alquran

PENCAPAIAN istimewa berhasil diraih Ahmad Hafidz Umar. Diusianya yang ketiga dia sudah berhasil menghafal Alquran. Bocah asal Campalagian, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, itu sudah bisa menghafal Alquran juz 1, 2, dan 30.

Bukan hanya menghafal Alquran, anak kedua dari pasangan Umar Yusuf, 40, dan Kismawati, 37, ini juga mampu menyambung ayat yang terpotong serta mengetahui letak surah yang dibaca. Sehari-hari, Hafidz belajar mengaji di rumahnya diajar langsung oleh sang ayah.

Di samping itu, dia juga kadang belajar mengaji di TPA Al Furqon di Desa Parappe yang jaraknya sekitar 1 km dari rumahnya. Saat ditemui di TPA AL Furqon, Hafidz lagi berkumpul bersama teman-teman sepengajiannya.

Guru mengaji di TPA Al Furqon, Nurhidayah mengatakan, dari 200 anak didiknya, Hafidz merupakan anak yang paling muda usianya. Nurhidayah takjub dengan kemampuan menghafal Alquran yang dimiliki Hafidz.

Memiliki satu kakak, yakni Sitti Marwa, 7, serta seorang adik, Sitti Maryam, 1. Hafidz belum terlalu fasih berbicara sehingga saat membaca ayat suci Alquran terkadang kurang jelas kedengaran.

Untuk menguji kemampuan Hafidz menghafal dan membaca Alquran, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Campalagian Khalid Rasyid, kemudian membacakan sebuah surat Alquran. Kemudian Hafidz diberi tugas mencari letak surah tersebut.

Dengan mudah Hafidz setelah membuka lembar demi lembar Alquran menemukan surah yang dibaca Ketua KUA Campalagian itu. “Memang luar biasa kemampuan Hafidz ini. Saya terheran-heran melihatnya,” kata Khalid.

Ayah Hafidz, Umar Yusuf mengatakan, kemampuan anaknya memang telah terlihat sejak lahir. Sebab dari masih kecil, dia telah melatih anaknya untuk mendengarkan lantunan ayat suci Alquran.

Orang tua Hafidz juga menginginkan anaknya kelak jadi penghafal Alquran. Karena itulah, anaknya sewaktu lahir diberi nama Hafidz yang berarti penghafal Alquran. “Sejak lahir saya perdengarkan lantunan ayat suci Alquran.

Kalau dia menonton film Ipin-Upin, saya ganti suaranya dengan suara pengajian,” kata Umar saat ditemui di kediamannya kemarin. Saat ini, Hafidz sedang mengasah kemampuannya menghafal Alquran dengan melafalkan surah lainnya.

Umar berharap, suatu saat nanti Hafidz mampu menghafal Alquran seluruhnya. “Sekarang sudah hafal juz 1, juz 2, dan 30. Insya Allah akan saya ajarkan terus sampai mampu menghafal 30 juz,” katanya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini