nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Sahabi, Sahabat Nabi Muhammad yang Masih Hidup hingga Sekarang

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Kamis 30 Mei 2019 12:29 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 05 30 614 2062113 kisah-sahabi-sahabat-nabi-muhammad-yang-masih-hidup-hingga-sekarang-vXUyZHXdej.jpg Pohon Sahabi, sahabat Nabi Muhammad yang masih hidup hingga kini (Foto : Charismaticplanet))

Abu Bakar as Shiddiq, Umar bin Khattab, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib Adalah beberapa sahabat Nabi Muhammad yang selalu mendukung nabi dan mengetahui secara langsung bagaimana kehidupan Nabi Muhammad pada masanya. Kita tidak pernah tau bagaimana wajah para sahabat nabi karena mereka sudah tiada di bumi atau sudah meninggal dunia.

Tetapi tahu kah Anda ada sahabat Nabi Muhammad yang sampai saat ini masih ada dan bahkan dapat kita jumpai? Dia adalah sebuah pohon bernama Sahabi. Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (30/5/2019) pohon sahabi adalah sahabat ketika Nabi Muhammad kecil dan sampai saat ini masih tetap berdiri kokoh. Pohon ini berada di di Yordania, sekitar 150 kilometer dari Kota Amman,Yordania.

Ketika kecil Nabi Muhammad pernah ikut berdagang dengan pamannya yaitu Abu Thalib. Mereka berdagang ke negeri Syam bersama dengan pedagang Quraisy. Mereka sempat berteduh di bawah pohon, yaitu Pohon Sahabi. Di pohon ini pula terjadinya pertemuan antara Nabi Muhammad kecil dengan seorang biarawan Nasrani bernama Bahira.

Ketika Nabi dan pamannya sedang berteduh mereka dikejutkan oleh kedatangan seorang biarawan Nasrani bernama Bahira. Maksud kedatangan biarawan Nasrani itu adalah untuk memberi tahu paman Nabi Muhammad, yaitu Abu Thalib bahwa dia melihat tanda-tanda kenabian ada pada Muhammad kecil melalui kitabnya.

"Demi Allah, Inilah yang akan menjadi junjungan seluruh alam dan utusan Tuhan Rabbulalamin," ucap Bahira Biarawan Nasrani sambil memegang Nabi Muhammad kecil.

kisah pohon sahabi

Bahira berpesan agar Abu Thalib segera memulangkan Nabi Muhammad kecil karena bahira takut nantinya ada yang melihat tanda-tanda kenabian dari Muhammad kecil agar tidak sampai kena fitnah dari kaum Yahudi. Mendengar saran tersebut Paman nabi pun memulangkan Nabi Muhammad.

Bahira juga mengatakan bahwa dia juga melihat ketika Nabi Muhammad kecil berjalan awanpun mengikutin Nabi Muhammad untuk menutupinya dari panas matahari. Tidak hanya itu, ketika Nabi Muhammad kecil bersandar di bawah Pohon Sahabi, ranting-ranting pohon tersebut seolah merunduk berusaha menutupi Nabi Muhammad agar tidak kepanasan.

Meski berada di tengah hamparan gurun pasir, Pohon Sahabi tetap berdiri kokoh dengan dedaunan berwarna hijau yang begitu lebat. Hal ini diyakini sebagai bentuk keberkahan dari Nabi Muhammad karena pohon itu sempat menyentuh kulit nabi dan hidup kokoh hingga saat ini. Dialah salah satu sahabat nabi yang masih hidup hingga saat ini. Wallahu a'lam

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini