nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Tutorial Hijab Kerudung Ukhti, dari Keren hingga Ajaib

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 31 Mei 2019 12:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 05 31 617 2062424 viral-video-tutorial-hijab-kerudung-ukhti-dari-keren-hingga-ajaib-XOvfQhuJpf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBAGAI pengguna hijab atau kerudung, perempuan diharuskan tahu beberapa model hijab. Ini dimaksudkan agar bisa membedakan ke lokasi mana Anda berangkat. Masa iya model daily Anda pakai untuk pakaian rapih?

Selain dibedakan karena situasi dan tempat, ternyata gaya hijab juga dibedakan dengan status sosial Anda di lingkungan. Beberapa gaya hijab ini cukup dipahami seorang netizen dengan akun @sangjuwita dan dia berhasil merangkum 10 model kerudung ukhti.

Anda penasaran dengan gaya-gaya kerudung ukhti ini? Berikut ulasannya;

1. Mahasiswi

Gaya ini mungkin yang paling banyak diminati ukhti. Melengkungnya hijab di bagian depan sangat menentukan mood ukhti bukan? Jangan lupa bagian sampingnya sedikit dilipat agak menyerong, ya. Lalu, bagian bawahnya tinggal di sisipkan menyilang. Selesai.

2. Anak madrasah

Gaya ini hampir sama dengan hijab mahasiswi, tapi yang bikin beda hanya di bagian ujung hijab. Kalau mahasiswi melengkung sempurna, kalau anak madrasah mesti lancip kayak pensil 2B. Untuk lipatan samping dan bawah hijab sama persis!

Baca Juga: Cerita Haru Anak Yatim Pertama Kali Diajak Belanja Baju Lebaran di Mal

kalau anak madrasah mesti lancip kayak pensil 2B. Untuk lipatan samping dan bawah hijab sama persis!

3. Ustadzah senior

Nggak nyangka kan ustadzah senior aja punya pakem sendiri dalam berhijab. Juwita menunjukannya dengan cukup apik. Kerudung ustadzah itu ciri khasnya ada lipatan di bagian atas kepala. Kemudian ujung hijabnya melengkung seperti mahasiswi. Mudah bukan?

4. Anak tongkrongan fly over

Waduh, ngaku siapa yang gaya kerudungnya kayak gini? Kalau model kerudung ini sebetulnya memungkinkan Anda terlihat lebih singset karena bentuk wajah jadi lebih lonjong.

Untuk gaya anak tongkrongan flyover, bagian ujung hijab mesti menjulang tinggi dan medium lancip. Hal yang mesti diperhatikan adalah hijab ini tidak memiliki lipatan di sisi samping, ya. Ini yang membedakan gaya tongkrongan flyover dengan mahasiswi.

5. Santriwati bandel

Waduh, Juwita bahkan sampai tahu bagaimana gaya hijab santriwati bandel. Untuk Anda yang pengin bergaya seperti ini, pastikan lengkungan hijab melebar sampai ke bawah telinga dan ada sedikit lipatan masuk di sekitar telinga. Gampang kok buatnya.

6. Ibu-ibu muda

Nah, kalau gaya ini biasanya dipilih ibu-ibu muda. Selain karena sedikit variasi yang dilakukan, ukhti juga akan terlihat mature tapi tetap kekinian.

Selain karena sedikit variasi yang dilakukan, ukhti juga akan terlihat mature tapi tetap kekinian.

Cara bikinnya mudah, dari model mahasiswi, bagian ujung hijab salah satu sisi dililit ke bawah dagu dan dinaikkan ke atas kepala. Kunciannya sedikit ke bawah, ya, supaya tampilan dari depan tetap clean. Jadi deh!

7. Hijaber kekinian

Kalau gaya ini banyak diikuti ukhti hijaber kekinian. Kalau kata Juwita, team harum pentul banyak. Untuk bisa terlihat seperti ini, Anda hanya mengubah sedikit gaya ibu-ibu muda. Pastikan ujung hijab lancip dan tarikan dari samping ke atas mantap dan memang diperlukan banyak jarum pentul supaya bagian-bagian luar terkunci sempurna.

8. Neno Warisman

Nah, kalau mau bergaya seperti Neno Warisman, Anda mesti mengaplikasikan dua hijab dalam satu tampilan. Untuk bagian dalamnya, Anda bisa pakai model anak tongkrongan fly over dengan bagian luar hijab di buang ke samping dengan penataan melebar.

Setelah itu, penggunaan hijab kedua sebagai pelengkap di tempatkan di atas kepala dan bagian samping sedikit dibentuk spiral. Jadi deh!

9. Angel Lelga

Kalau model ini, Anda mesti menggunakan ciput sebagai aksesori tambahan. Lalu, statement dari gaya hijab ini ada di tehnik lilitan di bagian leher.

Jadi, setelah Anda memancungkan ujung hijab, lakukan tehnik lilitan di bagian leher dengan menyatukan dua sisi hijab di bawah dagu lalu ujungnya dilebarkan sebagai aksen lainnya. Cantik bukan?




10. Ukhti syariah

Mungkin gaya ini paling sederhana. Ciput dipakai sebagai penutup sisa rambut yang terlihat, lalu konsep anak tongkrongan fly over kembali dipakai tapi kali ini bagian bawahnya dibiarkan terbuka menutupi bagian dada. Jarum pentul dipakai untuk mengunci bawah dagu supaya tetap terjaga kerudungnya.

Video tutorial dia menampilkan gaya-gaya kerudung pun viral di Twitter. Sampai berita ini dimuat di Okezone, penontonnya saja sudah 310 ribu dengan 7,2 ribu postingan ulang dan ada 11,5 ribu netizen yang suka. So, mana yang paling mencerminkan gaya hijab Anda?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini