Ini Doa Nabi Muhammad Ketika Melewati Kuburan

Gurais Alhaddad, Jurnalis · Jum'at 21 Juni 2019 05:04 WIB
https: img.okezone.com content 2019 06 20 618 2068796 ini-doa-nabi-muhammad-ketika-melewati-kuburan-HQBstsLCAr.jpg Makam Muslim (Foto: NPR)

Ketika melewati kuburan atau makam, umat Muslim pasti mengucapkan salam atau membaca doa. Namun tak jarang banyak orang yang lupa akan hal ini. Padahal Nabi Muhammad SAW selalu memberikan salam atau doa kepada para penghuni makam yang dilewatinya.

Hal ini dilakukan oleh umat Muslim sebagai bentuk penghormatan dan mendoakan mereka para penghuni kubur yang telah mendahului kita. Kita juga harus sadar bahwa kita akan menyusul mereka.

Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya ketika melewati Makam atau memasuki area pemakaman untuk mengucapkan salam atau membaca doa.

 Makam Muslim

(Foto: Middle East Monitor)

Berikut adalah doa atau salam ketika melewati maupun memasuki tempat pemakaman atau kuburan. Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (20/06/2019).

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ أَهْلَ الدِّيَارِ مِنْ الْمُؤْمِنِينَ وَالْمُسْلِمِينَ وَإِنَّا إِنْ شَاءَ اَللهُ بِكُمْ لَاحِقُونَ نَسْأَلُ اَللهُ لَنَا وَلَكُمْ الْعَافِيَةَ

Assalaamu 'alaikum ahladdiyaari minal mu'miniina wal muslimiina wa-innaa insyaa Allaahu bikum laahiquuna nas'alullaaha lanaa walakumul 'aafiyah.

Artinya: "Semoga keselamatan terlimpahkan kepada kalian wahai penduduk alam barzah, dari kaum mukminin dan muslimin. Sesungguhnya kami akan menyusul kalian insya Allah. Dan kami meminta Allah untuk kami dan kalian agar diberi keselamatan." (HR. Ibnu Majah)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini