nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perlu Diketahui, Azan Berkumandang Setiap Detik di Dunia

Ayu Dita Rahmadhani, Jurnalis · Rabu 03 Juli 2019 06:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 07 02 614 2073682 perlu-diketahui-azan-berkumandang-setiap-detik-di-dunia-FHUSsES1xB.jpg Azan dikumandangkan lewat menara masjid (Foto:Pixabay)

Azan adalah media luar biasa untuk memanggil umat Muslim melaksanakan salat. Azan terus bergema di seluruh dunia sebanyak lima kali setiap harinya.

Dilansir dari Baitul Maqdis, Selasa (2/7/2019), suara azan yang sungguh mengagumkan tersebut ternyata selalu dikumandangkan setiap menit, setiap detik, dan setiap saat. Jutaan masjid di dunia selalu bersahut sahutan setiap saat mengumandangkan azan sehingga tidak pernah terputus di muka bumi ini.

masjid

(Foto: Pixabay)

Misalnya di Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia. Begitu fajar menyingsing di sisi timur Sulawesi, di sekitar 5.30 waktu setempat, maka azan subuh mulai dikumandangkan.

Ribuan Muadzin di kawasan timur Indonesia mulai mengumandangkan tauhid kepada yang Maha Kuasa, dan risalah Muhammad SAW. Proses itu terus berlangsung dan bergerak ke arah barat kepulauan Indonesia.

Perbedaan waktu antara pulau-pulau di timur dan barat Indonesia adalah satu jam. Oleh karena itu, satu jam setelah azan selesai di Sulawesi, maka azan segera bergema di Jakarta, disusul pula Sumatera. Dan ketika adzan belum berakhir di Indonesia, maka azan akan mulai dikumandangkan di Malaysia.

Dalam waktu beberapa jam setelah dari Jakarta, maka azan mulai mencapai Dacca, Ibu Kota Bangladesh.

Begitu azan berakhir di Bangladesh, maka azan telah dikumandangkan di barat India, dari Kalkuta ke Srinagar. Kemudian terus menuju Bombay dan seluruh kawasan India.

Itu bermakna, bahwa azan selalu dikumandangkan setiap menit, detik dan setiap saat. Jutaan masjid di dunia selalu bersahut-sahutan setiap saat mengumandangkan azan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini