Jelang Idul Adha Mana yang Didahulukan, Akikah atau Kurban?

Muhammad Nazri, Jurnalis · Rabu 24 Juli 2019 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2019 07 24 614 2083014 jelang-idul-adha-mana-yang-didahulukan-akikah-atau-kurban-irE29N69Ow.jpg Dahulukan kurban atau akikah? (Foto: Dok. Okezone)

TAK terasa Hari Raya Idul Adha sudah dekat. Umat Islam berlomba-lomba membeli sapi atau kambing untuk disembelih pada Idul Adha nanti. Namun, tidak hanya saat Idul Adha saja kita dianjurkan untuk melakukan kurban, tetapi akikah pun kita dianjurkan untuk melakukan penyembelihan hewan sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Beberapa ulama menjelaskan bahwa akikah sebagai penebus yang artinya membebaskan bayi yang baru dilahirkan dari jin-jin yang mengikutinya sejak sejak lahir. Sementara itu, kurban adalah salah satu bentuk beribadah kepada Allah di hari raya Idul Adha dan Hari Tasyriq.

Kambing kurban

Perbedaan dari kedua itu terletak dari waktu pelaksanaannya. Kurban hanya bisa dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah saja, sementara akikah dilaksanakan pada saat kelahiran seorang bayi.

Di video Habib Novel Alaydrus, beliau mengatakan, “akikah dilaksanakan sebaiknya pada hari ketujuh atau kelipatannya, keempat belas, kedua puluh satu, dan seterusnya.”

View this post on Instagram

Aqiqah atau Qurban Dulu? . Mana yang lebih utama, aqiqah dahulu atau berqurban terlebih dahulu? . Perlu kita ketahui, aqiqah disunnahkan bagi seseorang yang dia memperoleh karunia dari Allah Ta'ala, mendapatkan putra atau putri. . Maka seseorang yang mendapatkan anak disunnahkan untuk aqiqah. . Kapan itu? Pada hari ketujuh atau kelipatannya, keempatbelas, keduapuluhsatu dan seterusnya. . Lantas bagaimana, saat dia akan beraqiqah, di situ ada hari raya qurban? Dia harus mendahulukan mana? Aqiqahnya atau qurbannya? . Maka (yang) kita perlu ketahui, aqiqah waktunya luas. Bisa beberapa hari setelah qurban, bisa beberapa bulan setelah qurban. . Tapi kalau qurban mesti nunggu tahun berikutnya. Karena itu sebagian ulama mengatakan hendaknya dia berqurban terlebih dahulu. . Karena qurban ini datangnya setahun sekali. Sedangkan aqiqahnya bisa dilakukan pada bulan-bulan berikutnya. . Karena itu jangan ragu lagi, jangan bingung lagi, aqiqah atau qurban. Kalau emang itu waktunya hari raya qurban maka qurbanlah. Dan dua-duanya sama-sama sunnah. . Oleh Habib Novel Alaydrus @habibnovelalaydrus . Follow @ulama.nusantara Follow @ulama.nusantara . #UlamaNusantara #Haul #Habib #Kiai #HabibNovel

A post shared by Ulama Nusantara (@ulama.nusantara) on

 

Mana yang harus didahulukan? akikah atau kurban?

Menurut Habib Novel Alaydrus, beliau berpendapat untuk mendahulukan kurban terlebih dahulu apabila pelaksanaan akikah berdekatan dengan Idul Adha.

Perlu diketahui, akikah waktunya luas, bisa beberapa hari setelah kurban atau beberapa bulan setelah kurban. Tetapi kalau kurban harus menunggu tahun selanjutnya. Oleh karena itu, sebagian ulama mengatakan hendaknya seseorang berkurban terlebih dahulu.

“Karena kurban datangnya hanya satu tahun sekali. Sedangkan akikah bisa dilakukan pada bulan-bulan berikutnya,” jelasnya.

Beliau juga menambahkan kalau akikah dan kurban sifatnya adalah sunnah muakkad yang berarti sunnah yang sangat dianjurkan kepada setiap umat Islam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini