Share

Hari Arafah, Bacalah Doa Ini!

Intan Afika, Jurnalis · Sabtu 10 Agustus 2019 04:39 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 09 618 2089854 hari-arafah-bacalah-doa-ini-tGHtwfGwxJ.jpg Jemaah haji di Padang Arafah (Foto: Daily Star)

Hari Arafah adalah hari di mana para jamaah haji melakukan wukuf di Arafah. Hari Arafah berlangsung bertepatan dengan hari Sabtu 10 Agustus.

ย Jemaah haji di Arafah

Kaum muslimin yang menunaikan ibadah haji di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah. Hari Arafah merupakan puncak ibadah Haji, karena Rasulullah SAW menyatakan, bahwa haji itu Arafah.

Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam saat ditanya oleh sekelompok orang dari Nejed tentang haji, maka beliau Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam menjawab:

ุงู„ู’ุญูŽุฌู‘ู ุนูŽุฑูŽููŽุฉู

โ€œHaji itu adalah Arafah.โ€ [HR. at-Tirmidzi no. 889, an-Nasรขโ€™i no. 3016 dan Ibnu Mรขjah no. 3015 , dihukumi shahih oleh al-Albรขni]

Ketua Forum dai Muda Indonesia, Ustadz Asroni Al-Paroya mengatakan, Hari Arafah merupakan sebuah hari di mana orang yang berhaji sedang melaksanakan salah satu rukun ibadah haji yaitu wukuf di Arafah. Tujuannya untuk mengingat Nabi Adam dan Hawa saat diturunkan ke Bumi.

โ€œHari Arafah merupakan sebuah hari di mana orang yang dipanggil oleh Allah SWT untuk berhaji sedang melaksanakan salah satu rukun ibadah haji yaitu wukuf di Arafah, berkumpul di padang Arafah. Tujuannya untuk mengingat Nabi Adam dan Hawa saat diturunkan ke Bumi dari surga karena mengingkari perintah Allah dan terbawa oleh tipu daya Iblis. Padang Arafah merupakan lokasi Adam dan Hawa bertemu dan menjadi lokasi yang sakral bagi umat Islam,โ€ ucapnya kepada Okezone, Jumat (9/8/2019).

Hari Arafah ternyata memiliki banyak keistimewaan. Doa pada hari Arafah juga mustajab. Ini saat terbaik untuk berdoa memohon kepada Allah SWT.

Ustadz Asroni mengatakan, semua doa yang dipanjatkan kepada Allah SWT, terlebih lagi saat Hari Arafah adalah baik di sisi-Nya. Akan tetapi jika melihat dari hadist, doa yang baik diucapkan pada Hari Arafah adalah:

Dari โ€˜Amr bin Syuโ€™aib, dari ayahnya, dari kakeknya, Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda,

ุฎูŽูŠู’ุฑู ุงู„ุฏูู‘ุนูŽุงุกู ุฏูุนูŽุงุกู ูŠูŽูˆู’ู…ู ุนูŽุฑูŽููŽุฉูŽ ูˆูŽุฎูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽุง ู‚ูู„ู’ุชู ุฃูŽู†ูŽุง ูˆูŽุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ูˆู†ูŽ ู…ูู†ู’ ู‚ูŽุจู’ู„ูู‰ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ุงูŽ ุดูŽุฑููŠูƒูŽ ู„ูŽู‡ู ู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ู…ูู„ู’ูƒู ูˆูŽู„ูŽู‡ู ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ุดูŽู‰ู’ุกู ู‚ูŽุฏููŠุฑูŒ

โ€œSebaik-baik doa adalah doa pada hari Arafah. Dan sebaik-baik yang kuucapkan, begitu pula diucapkan oleh para Nabi sebelumku adalah ucapan 'Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa โ€˜ala kulli syai-in qodiir' (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu).โ€ (HR. Tirmidzi no. 3585; Ahmad, 2:210. Syaikh Al-Albani menyatakan hadits ini shahih dilihat dari syawahid atau penguat-penguatnya, lihat silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 1503, 4:8.)

Sementara dari โ€˜Ali radhiyallahu โ€˜anhu secara marfuโ€™โ€”sampai pada Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wa sallamโ€”, disebutkan hadits,

ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ู…ูŽุง ู‚ูู„ู’ุชู ุฃูŽู†ูŽุง ูˆูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ูˆู’ู†ูŽ ุนูŽุดููŠูŽู‘ุฉูŽ ุนูŽุฑูŽููŽุฉูŽ : ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ ูˆูŽุญู’ุฏูŽู‡ู ู„ุงูŽ ุดูŽุฑููŠู’ูƒูŽ ู„ูŽู‡ู ุŒ ู„ูŽู‡ู ุงู„ู…ูู„ู’ูƒู ูˆูŽ ู„ูŽู‡ู ุงู„ุญูŽู…ู’ุฏู ุŒ ูˆูŽ ู‡ููˆูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ูƒูู„ูู‘ ุดูŽูŠู’ุกู ู‚ูŽุฏููŠู’ุฑ

artinya:

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

โ€œKalimat utama yang aku dan para nabi ucapkan pada senja hari Arafah adalah: 'Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa โ€˜ala kulli syai-in qodiir' (Tidak ada sesembahan yang berhak disembah kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Miliki-Nya segala kerajaan, segala pujian dan Allah yang menguasai segala sesuatu).โ€ (HR. Ath-Thabrani dalam Fadhl โ€˜Ashri Dzil Hijjah, 2:13, dari Qais bin Ar-Rabiโ€™, dari Al-Agharr bin Ash-Shabah, dari Khalifah bin Hushain, dari โ€˜Ali secara marfuโ€™, Lihat Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah, no. 1503, 4:7.)

โ€œKalau kita mengacu pada hadist, maka kita disunahkan memperbanyak doa tersebut agar kita terhindar dari perbuatan syirik menyekutukan Allah SWT,โ€ paparnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini