nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rayakan Idul Adha, Kiai Ma'ruf Amin Pilih Bancakan Bareng Santri

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 12 Agustus 2019 11:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 08 12 614 2090784 rayakan-idul-adha-kiai-ma-ruf-pilih-bancakan-bareng-santri-sW0Ixh42ZF.jpg KH Ma'ruf Amin Merayakan Idul Adha di Banten

MUSTASYAR PBNU Prof. Dr. K.H. Ma'ruf Amin merayakan Idul Adha di kampung halamannya, di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara (Penata) bersama para santri, Kabupaten Serang, Minggu 11 Agustus 2019.

Dalam agenda mudik Idul Adha itu, Cawapres terpilih itu menyempatkan diri bersilaturahmi dengan santri dan masyarakat Tanara. Kiai Ma'ruf juga menyaksikan ritual kurban, berupa pemotongan sapi di halaman Masjid Agung Penata, bersama ratusan santri dan masyarakat.

KH Ma'ruf Amin berada di halaman masjid menyaksikan penyembelihan hewan kurban

"Alhamdulillah, kami sekeluarga berkesempatan melaksanakan ibadah kurban. Sejumlah instansi, relawan dan perusahaan juga turut menitipkan qurbannya di sini," kata anak ke-6 Kyai Ma'ruf, ustadz Ahmad Muayyad, usai pemotongan hewan qurban di halaman Masjid Agung Penata, Tanara, Kabupaten Serang, Banten, melalui siaran pers.

Idul Adha KH Ma'ruf Amin di Tanara Banten

Gus Yayat juga mengungkapkan, total sapi yang dikurbankan di hari raya Idul Adha, di Penata, sebanyak 11 ekor. Tiga ekor dari keluarga, empat ekor dari Master C 19 dan sisanya dari sejumlah instansi, perusahaan dan individu.

"Kemarin acara seremonial pemotongan hewan qurban. (Hewan qurban Idul Adha didapat) dari mana-mana, ada yang dari individu, dari instansi, ada juga dari perusahaan," ujarnya.

Hewan kurban itu menurut Gus Yayat, dipotong dalam dua gelombang. Untuk hari Minggu hanya dipotong dua ekor, untuk santri dan pengurus pesantren. Sementara sisanya akan dipotong hari Senin (12/8/2019).

Masjid Agung Penata di Pesantren Tanara Banten

"Daging (dibagikan) untuk santri dan masyarakat. Ahad Malam, Abah bersilaturahmi dengan masyarakat di Kecamatan Tanara. Abah juga memberikan tausiyah dan membaca deybah (solawat) bersama santri," imbuhnya.

Sebelum mengisi ceramah, Kiai Ma'ruf bancakan atau makan bersama dengan para santri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini