Share

Ini Hikmah Belum Menemukan Jodoh!

Yunita, Jurnalis · Senin 19 Agustus 2019 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 19 614 2093869 ini-hikmah-belum-menemukan-jodoh-uj3TFfQhs4.jpg Perempuan Muslim menanti jodoh (Foto: Cyber Dakwah)

Jodoh merupakan bagian dari takdir. Namun jodoh harus diusahakan bukan hanya ditunggu begitu saja.

ย Ikhtiar mencari jodoh sampai menikah

Jodoh merupakan takdir yang harus diiikhtiarkan. Seperti juga ikhtiar mencari rezeki. Ikhtiar harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, sepenuh hati, dan semaksimal mungkin sesuai dengan kemampuan dan keterampilannya.

Saking pentingnya ikhtiar sampai-sampai Rasulullah SAW menyindir umatnya agar senantiasa mencari penghidupan sekecil apapun dibandingkan meminta.

Dalam hadis riwayat Abu Hurairah Ra, Rasulullah SAW bersabda,

ู„ูŽุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุญู’ุชูŽุทูุจูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุญูุฒู’ู…ูŽุฉู‹ ุนูŽู„ูŽู‰ ุธูŽู‡ู’ุฑูู‡ู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุณู’ุฃูŽู„ูŽ ุฃูŽุญูŽุฏู‹ุง ููŽูŠูุนู’ุทููŠูŽู‡ู ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽู…ู’ู†ูŽุนูŽู‡ู

โ€œSungguh, seorang dari kalian yang memanggul kayu bakar dan dibawa dengan punggungnya lebih baik baginya daripada dia meminta kepada orang lain, baik orang lain itu memberinya atau menolaknyaโ€ (HR. Bukhari).

Namun jika usaha kita gagal, hendaknya kita tidak berputus asa. Kita sebaiknya untuk mencoba lagi dengan lebih keras dan tidak berputus asa.

Keinginan dan harapan selalu menyertai kehidupan kita. Keinginan dan harapan itu akan terwujud, manakala Allah mengabulkan doa dan ikhtiar yang kita lakukan.

Seperti yang dilansir dari aku Instagram milik @tausiyahku_,Senin (19/8/2019),

"Masalah jodoh ini memang salah satu masalah misterius yang kita harus senderkan kepada takdir. Karena sesungguhnya sekuat apapun kita merangkai ikhtiar ketika mendapat jodoh, ketika belum waktunya, maka belum datang jodoh tersebut, " kata Ustadz Oemar Mita.

"Ketika kita pingin apakah tahu ikhtiar kita sudah benar atau tidak. Etika mencari jodoh menjadi saleh dan menjadi salihah itu sudah jadi tanda dari ikhtiar kita, " ujar Ustadz Oemar Mita.

"Dan Ikhtiar itu tentunya Allah akan menilai kapan dipetik ikhtiar itu akan diberikan jodoh, dan Allah yang paling tau kapan waktunya yang paling tepat, dan bukan kita yang tahu," jelas Ustadz Oemar Mita

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Menurut Ustadz Oemar Mita, beberapa hikmah dalam berikhtiar ketika Allah belum mengabulkan doa kita.

Inilah beberapa hikmahnya:

1. Mungkin Allah ketika belum memberikan jodoh, Allah menyuruh kita baik dulu kepada ibu dan bapak kita karena mungkin ibu bapak kita masih kurang waktunya dihabiskan bersama dengan kita.

2. Mungkin kita disuruh belajar agar kita bebas mengikuti taklim dimana mungkin saat kita sudah berumah tangga akan terbatas waktunya.

3. Mungkin kita disuruh bersama teman-teman. Sebab sesungguhnya jika kita pandai membaca hikmah hati kita menjadi lapang. Jika kalau waktunya sudah datang, jangan khawatir seberapa pun jauhnya jodoh, ketika sudah ditakdirkan jodoh timur dan barat menjadi satu, utara dan selatan menjadi satu.

Menjalankan ikhtiar bagi umat Muslim adalah ibadah. Sebaliknya, meniadakan ikhtiar sama halnya dengan meniadakan syariat yang notabenenya adalah sunnatullah.

Ikhtiar sendiri setidaknya terbagi menjadi dua bagian, yakni ikhtiar lahir dan ikhtiar batin.

Oleh karena itu bagi generasi milenial yang belum dapat jodoh jangan khawatir. Jodoh pasti akan datang asalkan berusaha dan berdoa!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini