nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Sengaja Menjatuhkan Alquran? Jangan Dicium!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 03 September 2019 12:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 09 03 614 2100024 tak-sengaja-menjatuhkan-alquran-jangan-dicium-HfU7e0EZoC.jpg Tak sengaja menjatuhkan Alquran (Foto: Aboutislam)

SEMUA manusia pernah melakukan kesalahan, menjatuhkan iphone kesayangan, hingga barang-barang berharga lainnya. Beberapa orang juga pernah tak sengaja menjatuhkan kitab suci alquran. Lalu apa yang biasa dilakukan orang-orang ketika menjatuhkan Alquran?

Kebanyakan orang akan sangat terkejut ketika melihat Alquran yang tak sengaja dijatuhkan apalagi jatuh hingga terbuka di lantai. Bak melihat film horor. Lalu otomatis mereka akan mengambil Alquran tersebut, meletakkannya di dahi, dan kemudian menciumnya.

 Alquran

Namun, Wisam sharieeff mengatakan kalau kita tidak perlu mencium apapun yang jatuh ke lantai. Dirinya membuat simulasi serupa.

"Jika seorang ibu tidak sengaja menjatuhkan bayinya, apa yang akan kalian katakan? yang pasti kalian tidak akan menyuruh meletakkan bayi di dahi ibunya dan kemudian menciumnya." ujarnya.

Menurutnya, tidak ada satupun dalil yang mengatakan bahwa kita harus mencium sesuatu. Itu hanya sikap perhatian, itu merupakan sesuatu yang secara emosional mempengaruhi seseorang.

"Saya telah melakukan diskusi mengenai hal ini kepada beberapa orang tentang reaksi menjatuhkan Alquran 'Ya Allah aku telah melakukan kesalahan! Bagaimana aku bisa memperbaikinya?' dan dirinya bertanya "Apa yang akan kamu kerjakan?"

Semua orang menjawabnya dengan melihat cara ibunya dan neneknya yang pernah menjatuhkan Alquran lalu mereka menciumnya, dan mereka melakukan hal yang sama.

 Alquran

Sharieff juga memberikan tips yang harus anda lakukan ketika anda tidak sengaja menjatuhkan Alquran, adalah beristigfar, mengucapkan subhanallah dan menggantinya dengan perbuatan baik, dan jangan lupa untuk segera memindahkan Alquran yang terjatuh, karena beberapa orang ketika shock mereka justru akan terdiam.

Berdasarkan pengalaman yang pernah dialaimnya, dirinya mengaku sangat kesal ketika menemui orang yang membiarkan kitab suci Allah tergeletak di lantai dan orang tersebut hanya berkata "Oh saya tidak tahu harus berbuat apa, jadi saya biarkan saja."

Dirinya juga mengatakan bahwa sebaiknya letakkanlah Alquran di tengah meja. dan minta ampunlah kepada Allah ketika kamu melakukan kesalahan tersebut.

 Alquran

"Tapi saya akan bertanya kepada kalian, terlepas dari masalah budaya atau bukan, apakah anda khawatir ketika anda menjatuhkannya? Ataukah anda lebih khawatir kalau anda tidak membacanya? maka ambilah kitab suci itu dan mulailah untuk membacanya." Pungkasnya.

Namun Ustad Fauzan Amin menerangkan bahwa jika kita tidak sengaja menjatuhkan Alquran , segeralah ambil dan naikkan ke posisi yang layak, sedangkan tradisi mencium Alquran sendiri merupakan ekspresi dalam menghormati firman Allah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini