Berusia Ratusan Tahun, 7 Kitab Kiai Hasyim Asy'ari Ini Masih Utuh

Jum'at 27 September 2019 00:42 WIB
https: img.okezone.com content 2019 09 26 614 2109818 berusia-ratusan-tahun-7-kitab-kiai-hasyim-asy-ari-ini-masih-utuh-2QMPAECqnE.jpg Kitab Kiai Hasyim Asy'ari (Foto: Okezone)

Kitab-kitab asli tulisan tangan pendiri ormas Islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU), Kiai Hasyim Asy’ari masih terawat dengan rapi.

 Kiai Hasyim Asy'ari, Pendiri NU

Kitab karya Kiai Hasyim Asy’ari yang berusia 100 tahun lebih tersebut disimpan dan dirawat oleh pengelola perpustakaan A Wahid Hasyim di Pondok Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, Jombang, Jawa Timur.

Saat ini terdapat tujuh kitab yang berada di perpustakaan tersebut. Semuanya masih utuh, hanya beberapa kitab kondisinya robek termakan waktu. Kitab-kitab tersebut berupa Alquran dan beberapa kitab tentang hadist, fiqih, maupun tentang doa-doa.

“Usianya sudah sangat tua,” ujar pengelola perpustakaan A Wahid Hasyim di Pondok Pesantren Tebuireng, Muhamad Zainal Arifin beberapa waktu lalu.

Usia kitab-kitab tersebut sudah mencapai ratusan tahun. Diperkirakan kita-kitab itu mencapai usia 130-an tahun. “Ya kisaran 120 tahun lebih,” terang Zainal

Seperti dilansir website Pondok Pesantren Tebuireng, semua kitab Kiai Hasyim Asy’ari disimpan rapi dalam sebuah rak di ujung belakang perpustakaan.

Menurut Zainal, terdapat beberapa bahan yang dipakai Kiai Hasyim Asy’ari dalam membuat kitab tersebut. Antara lain kertas merang yang terbuat dari tangkai padi. Maupun kertas yang terbuat dari serat pohon turi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

“Ini kertas yang dipakai itu kertas berserat. Jelas berbeda dengan kertas zaman sekarang yang mudah sobek itu,” terangnya.

Meski di perpustakaan tersebut, hanya terdapat tujuh kitab, bukan berarti kitab KH. Hasyim Asy’ari tidak ditemukan di tempat lain.

Rupanya kitab tulisan tangan KH. Hasyim Asy’ari sering ditemukan di daerah lain di Indonesia seperti di Ponorogo, Lamongan, dan beberapa daerah lain.

”Sejatinya peninggalan kitab Kiai Hasyim tercatat 400 kitab. Ini tersebar di seluruh dunia termasuk di Arab Saudi."

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya