nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Video Jokowi Tanya Nama Menteri ke Santri, Jawabannya Bikin Ngakak

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 10:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 22 614 2120046 viral-video-jokowi-tanya-nama-menteri-ke-santri-jawabannya-bikin-ngakak-iaz0hFnTqG.jpg Presiden Joko Widodo. (Foto: Biro Pers Kepresidenan).

HARI Santri Nasional disahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015. Dengan begitu santri pun memperingatinya setiap tahun seperti hari ini, Selasa (22/10/2019).

Penetapan Hari Santri Nasional merupakan bentuk penghargaan pemerintah terhadap peran santri dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dalam keterangannya kala itu, Jokowi menjelaskan bahwa kemerdekaan yang dimiliki Indonesia sekarang tidak lepas dari semangat jihad yang ditunjukan santri.

Di media sosial sendiri tagar #HariSantriNasional2019 menjadi trending topik. Sampai sekarang, ada 10 ribu netizen mencuitkan unggahan mengenai Hari Santri Nasional.

Di antara cuitan tersebut, viral video Jokowi bertanya nama menteri ke salah seorang santri. Dalam video tersebut, Jokowi yang mengenakan kemeja putih lengkap dengan peci hitam bertanya ke santri pria yang terlihat sangat lugu.

Foto: Screenshoot dari Twitter

Santri tersebut kemudian diminta Jokowi untuk menyubutkan tiga nama menteri. Tanpa panjang lebar, si santri ini menjawab tiga nama yang di luar perkiraan.

Pada awal dia menjawab Megawati Soekatno Putri. Kontan hal itu membuat hadiri tertawa karena Megawati merupakan Ketua Umum PDIP. Kemudian santri itu meneruskan jawabannya.

Nama menteri kedua yang disebutnya ialah Ahok. Lagi-lagi penonton tertawa terbahan-bahak alias ngakak karena Ahok yang bernama asli Basuki Tjahaja Purnama bukanlah seorang menteri. Lalu apa jawaban ketiganya? “Nomor tiga Prabowo,” ucap santri tersebut. Sontak Jokowi pun ikut tertawa

Video ini sebetulnya video lama, namun kembali viral karena saat ini sedang hanya isu Ketua Umum Partai Gerinda Prabowo Subianto digadang menjadi menteri.

Sejak diunggak kemarin, video tersebut sudah ditonton 314 ribu netizen di Twitter. Reaksi warganet pun beragam, 1,6 ribu menyukai video ini dan 1,7 ribu lainnya membagikan ulang video tersebut.

Lalu bagaimana komentar netizen melihat aksi santri yang lucu ini?

"Dulu lu ngetawain gue, sekarang gue yang ngetawain lu - Santri Visioner," tulis akun @puuunteeen.

"Apa jangan-jangan dia kemarin jadi penasihat Pak Jokowi?" tanya @alfindii.

"Cenayang juga tuh bocah," komentar @xsadyaulx.

"Omongane cah santri pancen manjur," tulis @kurt_cobainisme.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini