nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lucu, Janggut Berwarna Oranye Jadi Tren Muslim di Negara Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 23 Oktober 2019 13:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 23 617 2120682 lucu-janggut-berwarna-oranye-jadi-tren-muslim-di-negara-ini-ipmdiCrXIt.jpg Tren janggut berwarna oranye (Foto: AFP)

Belakangan ini pria-pria di Bangladesh banyak yang berpenampilan dengan janggut berwarna oranye. Penampilan mereka lucu dan unik.

Pria-pria muslim dengan janggut berwarna oranye mudah ditemui di hampir setiap sudut Kota Dhaka, Bangladesh. Lalu, apakah ini fesyen terbaru di negara mereka?

 Janggut

Seperti dilansir dari Arab News, para pria ini mewarnai janggutnya bukan dengan pewarna rambut berbahan kimia. Melainkan dengan henna yang merupakan pewarna alami berasal dari tanaman dengan nama latin Lawsonia Innermis.

Henna juga biasanya digunakan oleh komunitas Muslim di Bangladesh maupun di Timur Tengah.

Salah seorang warga, Mahbubul Bashar mengatakan, ia sangat menyukai henna. "Saya menyukainya. Saya telah menggunakannya untuk mewarnai janggut dua bulan terakhir ini," ujar pria 50 tahun ini.

Bukan hanya Bashar yang sering menggunakan henna. Salah seorang tukang angkut di pasar, Abul Mia juga mewarnai janggutnya dengan henna.

Ia merasa lebih muda dengan warna janggutnya. "Saya dan keluarga saya menyukainya karena terlihat lebih muda dan tampan," katanya.

Ternyata bukan hanya janggut saja yang mereka warnai, bagian rambut di kepala juga diwarnai dengan henna dan karena banyak yang menggunakannya. Bahkan jadi tren di kalangan pria Bangladesh.

 Mewarnai janggut

Salah satu warga Dhaka, Abu Taher mengatakan, alasan mewarnai rambut ini karena ingin mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW.

"Saya mendengar dari ulama bahwa Nabi Muhammad memakai henna untuk mewarnai janggutnya," jelasnya.

Selain itu, menurut Profesor dari Universitas Dhaka, Monirul Islam Khan, munculnya tren janggut berwarna oranye karena meningkatnya semangat muslim di Bangladesh.

 Mewarnai janggut

Sekitar 168 juta jiwa penduduk muslim tinggal di Bangladesh. Hampir semuanya mewarnai rambut dan janggutnya. Bahkan kebiasaan baru ini juga dilakukan oleh komunitas muslim moderat di negara ini.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini