2 Doa Memohon Perlindungan, Bisa Dibaca Sepanjang Waktu

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 22 November 2019 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 22 618 2133020 2-doa-memohon-perlindungan-bisa-dibaca-sepanjang-waktu-Z41TQUyrcD.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

KETUA Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) Jakarta Timur, Ustadz Asroni Al Paroya mengingatkan ada baiknya segala aktivitas diawali dengan doa. Dengan begitu setiap Muslim yang berdoa akan dilindungi.

"Dalam Islam ada banyak doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Mengenai doa di pagi hari, di antara doa yang banyak itu mungkin disini akan kita bahas dua doa, semoga kita bisa mengamalkan dan bisa konsisten," ujarnya saat dihubungi Okezone.

Doa tersebut yaitu: Dalam Kitab Adzkar yang ditulis oleh Imam An-Nawawi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairoh yang diajarkan oleh Rasulullah SAW:

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Arti doa itu yakni: "Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali," (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain doa singkat itu, Imam An-Nawawi juga mengutip doa pagi Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Sahabat Ibnu Mas‘ud dalam Sahih Muslim berikut ini:

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ

Artinya: "Kami dan kuasa Allah berpagi hari segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur," (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, (Damaskus: Adzkar Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 64).

Kedua doa tersebut tidak hanya dibaca pada pagi hari saja. Anda juga bisa mengamalkannya di waktu-waktu lainnya. Seperti siang, sore hingga malam hari. Yakni dengan tujuan agar tetap terlindungi dari segala macam mara-bahaya.

Redaksi Okezone menerima foto atau tulisan pembaca berupa artikel tausyiah, kajian Islam, kisah Islam, cerita hijrah, kisah mualaf, event Islam, pengalaman pribadi seputar Islam, dan lain-lain yang berkaitan dengan Muslim. Dengan catatan foto atau artikel tersebut tidak pernah dimuat media lain. Jika berminat, kirim ke [email protected], cc [email protected]

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya