Share

Ini Ancaman bagi Para Koruptor di Akhirat

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 09 614 2139853 ini-ancaman-bagi-para-koruptor-di-akhirat-2ufXjlqJaN.jpg Tindakan korupsi (Foto: Shutterstock)

Ketua Komunitas Dai Daiah Indonesia Ustadz Mahfud Said mengatakan, dalam pandangan Islam korupsi sudah jelas hukumnya haram. Perbuatan tersebut juga banyak diterangkan di dalam Alquran, hadist, dan atsar atau perilaku para sahabat yang melarang tindakan korupsi.

"Dalam hadist disebutkan orang yang melakukan tindakan korupsi termasuk orang yang bangkrut. Sebab mereka akan dilemparkan ke dalam api neraka," ujarnya saat dihubungi Okezone, Senin (9/12/2019).

ย Ngerinya siksa api neraka

Seperti dijelaskan dalam surat Al Baqarah Ayat 188, Allah SWT berfirman:

ูˆูŽู„ูŽุง ุชูŽุฃู’ูƒูู„ููˆุง ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ูŽูƒูู…ู’ ุจูŽูŠู’ู†ูŽูƒูู…ู’ ุจูุงู„ู’ุจูŽุงุทูู„ู ูˆูŽุชูุฏู’ู„ููˆุง ุจูู‡ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุญููƒู‘ูŽุงู…ู ู„ูุชูŽุฃู’ูƒูู„ููˆุง ููŽุฑููŠู‚ู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽู…ู’ูˆูŽุงู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุจูุงู„ู’ุฅูุซู’ู…ู ูˆูŽุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุชูŽุนู’ู„ูŽู…ููˆู†ูŽ

Artinya: "Dan janganlah sebahagian kamu memakan harta sebahagian yang lain di antara kamu dengan jalan yang bathil dan (janganlah) kamu membawa (urusan) harta itu kepada hakim, supaya kamu dapat memakan sebahagian daripada harta benda orang lain itu dengan (jalan berbuat) dosa, padahal kamu mengetahui."

Kemudian dalam hadist juga diterangkan, Rasulullah SAW bersabda:

ุนูŽู†ู’ ุจูุฑูŽ ูŠู’ุฏูŽุฉูŽุนูŽู†ู’ ุฃูŽุจููŠู‡ู ุนูŽู†ู’ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ู ุตูŽู„ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุง ู„ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุงุณู’ุชูŽุนู’ู…ูŽู„ู’ู†ูŽุง ู‡ู ุนูŽู„ู‰ ุนูŽู…ูŽู„ู ููŽุฑูŽุฒูŽู‚ู’ู†ูŽุงู‡ู ุฑูุฒู’ู‚ู‹ุง ููŽู…ูŽุง ุฃูŽุฎูŽุฐูŽ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุฐูŽู„ููƒูŽ ููŽู‡ููˆูŽ ุบูู„ููˆู„ูŒ [ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ

Artinya: "Diriwayatkan dari Abdullah Ibn Buraidah dari ayahnya dari Nabi SAW, beliau bersabda: โ€œbarangsiapa yang telah kami angkat sebagai pegawai dalam suatu jabatan, kemudian kami berikan gaji, maka sesuatu yang diterima diluar gaji itu adalah korupsi." (HR. Abu Daud).

Ustadz Mahfud Said juga mengatakan, orang yang korupsi sebenarnya mereka adalah orang yang bangkrut. Tahukah kalian siapa orang yang bangkrut itu?"

Para sahabat menjawab,

"Orang yang bangkrut di tengah-tengah kita adalah orang yang tidak punya dirham (uang perak) dan tidak punya harta.โ€

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rasulullah SAW bersabda, "Orang yang bangkrut dari umatku adalah yang datang pada hari kiamat nanti dengan membawa (amal) salat, puasa, dan zakat, (namun) ia telah mencerca ini (seseorang), menuduh orang (berzina), memakan harta orang, menumpahkan darah orang, dan memukul orang. (Orang) ini diberi (amal) kebaikannya dan yang ini diberi dari kebaikannya. Apabila amal kebaikannya habis sebelum terbayar (semua) tanggungannya, dosa-dosa mereka (yang dizalimi) diambil lalu ditimpakan kepadanya, kemudian dia dilemparkan ke dalam neraka." (HR. Muslim)

Inilah ancaman bagi koruptor di akhirat nanti. yakni dilempar ke dalam api neraka.

Oleh karena itu, sebagai umat Islam dan bangsa Indonesia yang baik, sudah saatnya kita melawan budaya korupsi yang masih merajalela di tanah air. Caranya dengan menahan diri agar tidak melakukan tindakan korupsi, meski kecil-kecilan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini