Ini Salah Satu Motivasi Utama Orang Jadi Mualaf

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 16:47 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 30 614 2147490 ini-salah-satu-motivasi-utama-orang-jadi-mualaf-7uDuFgvPbd.jpg Memeluk Islam (Foto: Freepik)

Pembina mualaf Masjid Agung Sunda Kelapa, Ustadz Agustin Amirudin mengatakan, ia menceritakan tentang pengalaman pribadinya membimbing seseorang yang akan membaca dua kalimat syahadat untuk menjadi mualaf.

Menurutnya, salah satu motivasi utama orang-orang menjadi mualaf karena mereka akan menikah dengan seorang muslim.

"Selama ini yang kami alami seseorang mau menjadi mualaf karena motivasi untuk melangsungkan pernikahan dengan seorang muslim. Misal perempuannya muslim dan laki-lakinya non-muslim, lalu si laki-laki memutuskan menjadi mualaf demi menikahi perempuannya," kata Ustadz Agus saat ditemui Okezone di kantor BAZNAS Masjid Agung Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Senin (30/12/2019).

 menikah

Total Mualaf hingga per hari ini (30/12/2019) di Masjid Agung Sunda Kelapa adalah 19.085 orang baik WNI maupun WNA. Jumlah tersebut lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ini disebabkan banyak organisasi yang membuka lembaga mualaf.

Dalam satu bulan terakhir (Desember 2019) ini saja, sudah ada enam orang WNA yang membaca syahadat di Masjid Agung Sunda Kelapa ini. Selebihnya adalah WNI (data belum lengkap semua).

Kebanyakan dari mereka yang menjadi Mualaf di Masjid Sunda Kelapa berasal dari kawasan Jabodetabek, sementara WNA adalah pekerja atau pebisnis di Jakarta.

Namun terlepas dari itu, tidak mempengaruhi para pembimbing untuk membantu menuntun pembacaan dua kalimat syahadat bagi mereka para calon Mualaf.

Ustadz Agus menjelaskan, tidak ada persyaratan yang memberatkan untuk para calon mualaf. Mereka hanya perlu memberikan identitas pribadi seperti KTP, foto, surat pernyataan, dan keterangan status di agama sebelumnya.

"Kami tidak memberikan syarat-syarat memberatkan. Paling utama adalah niatnya. Setelah itu, mereka hanya memberikan identitas pribadinya," ucapnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini