nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perdalam Islam, 14 Mualaf Ikuti Tarbiyah Muallaf

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 24 Januari 2020 14:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 24 614 2157697 perdalam-islam-14-mualaf-ikuti-tarbiyah-muallaf-1dM8fzGqwp.jpg Pesantren Muallaf Indonesia (Foto: Dompet Dhuafa)

Sebanyak 14 orang mualaf menjalani Tarbiyah Muallaf selama dua hari belum lama ini di Gedung Wisma Muallaf.

Para mualaf tersebut merupakan mualaf binaan Pesantren Muallaf Indonesia yang selama ini menimba ilmu dan didampingi dalam program Pesantren Muallaf.

 pengajian

Mudir Pesantren Muallaf Indonesia, Fajar Shofari mengatakan, Tarbiyah Muallaf merupakan pendidikan yang dilakukan secara bertahap. Bentuknya berupa program pendidikan pokok-pokok keislaman secara terstruktur dan terencana oleh Pesantren Muallaf Indonesia.

Hal ini dilaksanakan sebab banyak mualaf yang belum terbina secara optimal karena kesibukan mereka di hari-hari aktif yaitu Senin hingga Jumat sehingga mereka haus akan ilmu agama dan butuh pembinaan lebih dalam lagi dalam memperdalam pengetahuan tentang Islam.

“Tarbiyah Muallaf ini kami laksanakan karena tidak sedikit para mualaf yang belum terbina secara optimal karena kesibukan para muallaf yang rata-rata bekerja. Oleh karena itu kami fasilitasi mereka dengan adanya tarbiyah muallaf setiap bulannya,” terang Fajar, Jumat (24/1/2019).

Fajar menjelaskan, materi yang dihadirkan dalam tarbiyah muallaf antara lain akidah, fikih ibadah, siroh nabawiyah, tahsin Alquran, dan motivasi kehidupan. Selain materi di atas juga, para mualaf dibina untuk senantiasa salat berjamaah tepat waktu serta membaca dzikir bersama agar senantiasa di mana pun berada mereka terbiasa menjalankan aktivitas ibadah tersebut.

Program Tarbiyah Muallaf pada 2020, kata fajar, akan diadakan setiap bulan diakhir pekan dengan pesertanya adalah para mualaf binaan Pesantren Muallaf Indonesia, baik mualaf yang mukim maupun mualaf non mukim. Diharapkan seluruh mualaf dapat merasakan pembinaan lebih dalam dan dapat mempelajari Islam secara kaffah.

“Besar harapan dari program ini terus berlangsung setiap bulannya dan mewadahi para mualaf untuk belajar. Memberikan motivasi dan contoh dalam menjalani kehidupan sehari-hari sebagai muslim yang taat,” ujar Fajar.

“Semoga dengan adanya Tarbiyah Muallaf yang pertama ini, kami para santri dapat menambah ilmu dan menjadi lebih baik lagi dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari," tambah Lenni, mualaf Teluk Betung, Bandar Lampung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini