Share

Mualaf Tak Perlu Bingung, Baznas dan MUI Siap Luncurkan Fikih Mualaf

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 27 Januari 2020 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 27 614 2158920 mualaf-tak-perlu-bingung-baznas-dan-mui-siap-luncurkan-fikih-mualaf-xpg07c7kzl.jpg Para mualaf (Foto: Dompet Dhuafa)

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kiai Cholil Nafis mengatakan, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan MUI tengah menjalin kerja sama untuk membuat serta meluncurkan Fikih Mualaf.

"Itu Fikih mualaf sudah jadi. Kami sudah membuat Fikih Mualaf untuk disosialisasikan melalui Baznas," katanya kepada Okezone saat beberapa waktu lalu.

 menjadi mualaf

Kiai Cholil melanjutkan, Fikih Mualaf ini bertujuan untuk membina para mualaf yang sering kebingungan dengan panduan ajaran-ajaran Islam. Sebab di Indonesia sendiri menganut berbagai paham mahzab yang berbeda, dan buku ini bisa jadi bantuan referensi.

"Kita (Muslim) sendiri di Indonesia mengikuti berbagai macam mahzab. Tapi apa yang kami lakukan kombinasi. Kami memberikan pemahaman bagaimana para ulama membina para mualaf itu, dan tentunya disesuaikan dengan kewenangan yang berlaku, yaitu perkembangan (fikih) dengan modernitas," ucapnya.

Selanjutnya, kata Kiai Cholil, diharapkan Baznas sebagai penerbit Fikih Mualaf ini di kemudian hari dapat bersinergi dengan Kementerian Agama. Serta melibatkan pemerintah sebagai wujud sosialisasi secara resmi kepada para mualaf.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Sementara kami dari MUI sudah memberikan arahan dan pembinaan terkait dengan Fikih Mualaf ini," ujar Kiai Cholil.

Sementara itu Pembina Mualaf Masjid Lautze Jakarta, Ustadz Yusman Iriansyah mengatakan, Fikih Mualaf itu sangat dibutuhkan oleh para mualaf.

"Karena para Mualaf ini juga harus dibimbing dari ajaran fikihnya, akhlaknya, tauhidnya. Mereka kerap bingung dengan persoalan-persoalan kecil tentang pemahaman Islam," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini