Hukum Muslimah Memakai Wangi-wangian, Tak Boleh Jika...

Suherni, Jurnalis · Rabu 26 Februari 2020 13:21 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 26 330 2174342 hukum-muslimah-memakai-wangi-wangian-tak-boleh-jika-QwqvNRdn5r.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa Muslimah suka berdandan, dan di antara bahan yang mereka pakai adalah bedak, gincu, dan pakaian yang bagus.

Lalu untuk menyempurnakan penampilan, bolehkah Muslimah memakai wangi-wangian atau parfum?

Dikutip dari halaman 294-295 buku Bimbingan Islam untuk Hidup Muslimah yang disusun oleh DR. Ahmad Hatta MA dan kawan-kawan, seorang Muslimah pada dasarnya boleh mempercantik diri termasuk memakai wangi-wangian atau parfum. Namun tidak boleh jika maksud dan caranya tidak sesuai syariat.

Misalnya jika wewangian yang digunakan Muslimah dengan maksud membangkitkan syahwat kaum laki-laki, hal ini tidak dibolehkan.

Abu Musa al-Asy'ari meriwayatkan, Rasulullah bersabda, Wanita mana saja yang memakai wewangian, lalu ia melewati suatu kaum agar mereka mencium wanginya, wanita tersebut dianggap wanita pezina. (HR. an-Nasa'i, 2/283; Abu Dawud, 4172; dan at-Tirmidzi, 2786; sanad hadits hasan)*

Al-Haitsami menyebutkan dalam az-Zawajir (2/37), keluarnya wanita yang memakai minyak wangi dan perhiasan dari rumahnya termasuk dosa besar, meskipun diizinkan suaminya.

Bahkan, mengingat besarnya fitnah ini, Muslimah yang telah telanjur memakai wangi-wangian lalu hendak ke masjid, Rasulullah memerintahkannya untuk menghilangkannya dengan bermandi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Rasulullah bersabda, “Perempuan manapun yang memakai parfum lalu keluar ke masjid, maka salatnya tidak diterima sehingga ia mandi. (Ahmad, 2/444; Al-Albani menilainya shahih dalam Shahihul Jami', no. 2703)

Namun, jika wewangian yang digunakan cukup dicium untuk menetralkan bau tak sedap, hal ini dibolehkan. Sebagaimana sabda Rasulullah:

“Wewangian seorang laki-laki adalah yang tidak jelas warnanya tetapi tampak bau harumnya. Sedangkan, wewangian bagi wanita adalah warnanya jelas tetapi tidak begitu tampak baunya. (HR. Baihaqi dalam Syu'abul Iman, no.7564; hadits hasan; Figh Sunnah lin Nisa', hlm. 387)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya