Doa Malam Lailatul Qadar, Baca 1.000 Kali

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2020 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 14 618 2213924 doa-malam-lailatul-qadar-baca-1-000-kali-rvsr1SMMlc.jpg Ilustrasi. Foto: Spectator

MALAM Lailatul Qadar tak diketahui kapan datangnya, sebagian ulama berpendapat malam penuh ampunan tersebut datang pada 10 hari terakhir Ramadhan.

Dikutip dari laman Lirboyo pada Kamis (14/5/2020), yang berpendapat seperti ini adalah Utsman bin Abi al-Ash dan Hasan al-Bashri dan sebagian Syafi’iyah.

Sedangkan mayoritas ulama mengatakan bahwa yang paling bisa diharapkan adalah tanggal ganjil di sepuluh malam terakhir Ramadhan. Menurut Ibnu Hajar al-Asqalani, ini adalah pendapat terkuat (Ibnu Hajar, Fath al-Bary, IV, 263).

Imam Nawawi berkata:

مذهَبُنا ومذهَبُ جُمهورِ العُلَماءِ أنَّها في العَشرِ الأواخِرِ مِن رَمَضانَ وفي أوتارِها أرجى

“Mazhab kami adalah mazhab mayoritas ulama bahwa Lailatul Qadar terjadi di sepuluh terakhir Ramadhan dan paling bisa diharapkan di malam ganjilnya.” (An-Nawawi, Raudlatat-Thalibin, II, 389) Pendapat ini berdasarkan hadits populer berikut:

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِي الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah Lailatul Qadar di malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari).

Baca Juga: Manisnya Nabilah Eks JKT 48 Berbalut Hijab Pink Bikin Pangling Deh

Sementara pada Kamis (20/5/2020) Magrib sudah terhitung malam ke-20 Ramadhan. Ini artinya setiap umat Islam sudah bisa mulai berburu malam Lailatul Qadar selama sepuluh hari ke depan.

Lalu apa doanya saat malam Lailatul Qadar tiba? Ketua Ikatan Sarjana Quran dan Hadits Ustadz Fauzan Amin menjelaskan, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk memanjatkan doa sebagai berikut, sebagaimana diriwayatkan oleh lima imam hadits:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ اَرَاَيْتَ اِنْ عَلِمْتُ اَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلًةَ الْقَدْرِ مَااَقُولُ فِيْهَا. قَالَ قُوْلِى اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Dari Sayyidah 'Aisyah, r.a. Ia berkata: saya bertanya kepada Rasulullah SAW, Apa pendapat Engkau, seandainya aku menemukan malam Lailatul Qadar, maka do'a apakah yang semestinya aku ucapkan pada malam itu?

Rasullullah SAW, menjawabnya; berdo'alah dengan mengucapkan, "Ya Tuhanku, sesungguhnya Engkau Dzat Maha Pengampun, dan menyukai memberikan pengampunan kepada hamba-Nya, maka ampunilah kesalahanku." (H.R. Lima Imam hadits, kecuali imam Abu Daud).

Doa berikutnya yang bisa dipanjarkan yaitu:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allaahumma innaka ‘afuwwun kariim tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii

Artinya: Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia, Engkau Mencintai Pemaafan, maka maafkanlah aku.

Baca Juga: Doa Sholat Tahajud Lengkap dengan Maknanya

Menurut Ustadz Fauzan amin, doa tersebut afdol-nya dibaca minimal 1.000 kali dalam satu malam. Kalau beruntung dapat keistimewaan malam Lailatul Qadar, pahala akan berlipat ganda dan diampuni dosa-dosa setahun lalu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya