Share

MUI: Jalankan Protokol Kesehatan Dapat Pahala dari Allah SWT

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 30 Mei 2020 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 30 614 2222134 mui-jalankan-protokol-kesehatan-dapat-pahala-dari-allah-swt-yHsdYgW4zO.JPG Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, KH Cholil Nafis (Foto: Instagram/@cholilnafis)

MASYARAKAT diharuskan menjalankan protokol kesehatan dalam setiap lini kehidupan. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di era new normal.

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis mengatakan, menjalankan protokol kesehatan merupakan bagian dari anjuran agama. Karena itu, setiap muslim diminta untuk disiplin menaatinya.

"Membangun kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan yang perlu dilakukan sekarang demi kebaikan kita bersama, lalu diberilah ajaran atau ilmu bahwa menjalankan protokol kesehatan itu dianjurkan oleh agama yang karena itu mendapatkan pahala dari Allah SWT," terang Kiai Cholil saat diwawancara dalam program iNews Sore, Sabtu (30/5/2020).

Kiai Cholil menegaskan bahwa tidak perlu adanya bantuan Polri dan TNI dalam upaya mendisiplinkan umat Islam agar patuh menjalankan protokol kesehatan. Baginya, perilaku baru ini harus datang dari hati dan menjadi kebiasaan sehari-hari yang memang dilakukan atas dasar kesadaran diri sendiri.

Baca juga: Menag Sebut Zona Kuning Tak Menentukan Rumah Ibadah Bebas Beroperasi

Cek Suhu Tubuh

Oleh karenanya lanjut dia, peran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Gugus Tugas, dan para ulama diperlukan untuk melakukan sosialisasi intens kepada masyarakat mengenai pentingnya protokol kesehatan.

"Ini kepentingan masyarakat sendiri, nah dengan cara seperti menggunakan TNI dan Polri mungkin masyarakat tidak mengerti dan tidak sadar, sehingga ketika ada polisi dia pakai masker, ketika ada TNI dia bersih-bersih, tapi ketika tidak ada mereka enggak disiplin," tuturnya.

Kiai kelahiran Madura ini menjelaskan, jika kesadaran sudah terbangun, jangankan di tempat ibadah, di rumah pun masyarakat tentu akan patuh menjalankan protokol kesehatan secara disiplin. Hal ini yang semestinya dilakukan umat Islam, dan masyarakat secara umum.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

"Ketika kesadaran menjalankan protokol kesehatan sudah menjadi karakter diri umat, maka ketika ada di tempat kerumunan, dia menjaga diri dan memagari diri dengan pakai masker dan jaga jarak. Kan dua itu yang paling pokok di samping tentu kesehatan cuci tangan dan sebagainya," sambungnya.

Kesadaran ini diyakini Kiai Cholil, akan menjadi karakter dan kebiasaan baru masyarakat yang kekinian disebut sebagai kehidupan new normal. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini