Ruang untuk Jamaah Haji Tahun Ini 4 Kali Lebih Besar dari Biasanya

Hantoro, Jurnalis · Kamis 25 Juni 2020 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 25 614 2236020 ruang-untuk-jamaah-haji-tahun-ini-4-kali-lebih-besar-dari-biasanya-LL33t3L1tb.jpg Tenda jamaah haji. (Foto: Dok Okezone/Widi Agustian)

RUANG yang disediakan untuk setiap jamaah haji tahun ini akan empat kali lebih besar dari sebelumnya. Hal tersebut bisa terjadi karena jumlah jamaah haji 1441 Hijriah/2020 Masehi dibatasi hanya sekira 1.000 orang. Dengan demikian masih banyak ruang kosong yang bisa dimaksimalkan untuk kaum Muslimin yang berhaji.

Penasihat Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, Faten bin Muhammad Hussein, mengatakan pemberian ruang besar ini akan diberikan untuk tempat tinggal atau tenda jamaah di Mina dan Arafah.

Baca juga: Jamaah Haji 2020: Usia di Bawah 65 Tahun hingga Wajib Karantina 

Ia mengatakan, protokol kesehatan menjaga jarak sosial akan memungkinkan diterapkan dengan adanya ruang besar bagi para jamaah ini.

"Kehadiran sejumlah besar jamaah pasti akan membuat penularan (virus corona/covid-19, red) kepada orang lain berpotensi lebih besar," ungkap Faten, seperti dikutip dari Saudigazette, Kamis (25/6/2020).

"Tapi kemungkinan seperti itu bisa dihindari karena keputusan pemerintah untuk membatasi jumlah jamaah dan aturan ketat Kementerian Kesehatan terkait jarak sosial setidaknya 2 meter per orang," jelasnya.

Baca juga: Arab Saudi Batasi Jumlah Jamaah Haji 2020 Hanya 1.000 Orang 

Faten mengungkapkan bahwa keputusan tetap menyelenggarakan ibadah haji tahun ini, namun dengan jumlah jamaah yang sangat terbatas, adalah langkah tepat dan bijak guna memastikan keselamatan banyak orang.

"Keputusan itu diambil setelah studi mendalam oleh Pusat Pengendalian Bencana dan Krisis Nasional di Kementerian Kesehatan yang memiliki peran sangat penting dalam menganalisis indikator yang mendukung para pembuat keputusan di Kerajaan dan bahwa kementerian berkomunikasi dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)," paparnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Faten juga mengungkapkan bahwa pihaknya memiliki salah satu fasilitas elektronik terbaik dengan tingkat konektivitas teknologi tertinggi di antara semua lembaga yang terlibat dalam memberikan layanan kepada jamaah haji dan keluarga mereka, bahkan dalam mengeluarkan izin berhaji.

Fasilitas ini akan membantu memilih layanan haji yang tersedia, termasuk program perhotelan, program ekonomi 1 dan program ekonomi 2, serta setiap program memiliki tarif khusus yang terjangkau untuk semua kalangan masyarakat.

Baca juga: Muslim Dunia Sambut Positif Pembatasan Jumlah Jamaah Haji 2020 

Masjidil Haram. (Foto: Istimewa)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya