Khutbah Jumat: Makna di Balik Masker, Cuci Tangan dan Jaga Jarak

Jum'at 26 Juni 2020 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 26 614 2236859 khutbah-jumat-makna-di-balik-masker-cuci-tangan-dan-jaga-jarak-5ao9Xpf5UL.jpg Salat Jumat di Masjid Agung Al Bakarah Bekasi (Okezone.com/Heru)

PANDEMI Covid-19 telah membuat gaya hidup kita berubah. Termasuk dalam pelaksanaan ibadah dengan penerapan protokol kesehatan, yang kini menjadi kelaziman baru.

Ada pesan menarik yang disampaikan Khatib di Masjid Al Istiqmal, Tegal Parang, Jakarta Selatan, tempat saya Jumatan tadi. Ia memberikan konteks dan hikmah secara spiritual atas berbagai protokol kesehatan yang wajib kita jalankan selama pandemi ini.

Baca juga: Kenapa Islam Jaya di Masa Lalu? Ini Penjelasan Felix Siauw

Pertama, soal penggunaan masker. Selain untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari doplet, menggunakan masker juga adalah pesan dari Allah agar kita senantiasa menjaga lisan, yang selama ini terlalu banyak kita gunakan untuk membicarakan orang lain, menyakiti hati orang lain, menebar fitnah, ghibah atau menebar keburukan-keburukan yang lainnya.

Kedua, sering mencuci tangan. Hikmah dari-Nya adalah agar tangan kita selalu terjaga bersih dari menyentuh atau melakukan perbuatan-perbuatan dosa. Termasuk mengambil harta orang lain, membunuh, menyakiti orang lain, dan melakukan kemungkaran lain dengannya.

ilustrasi

Terakhir soal aturan menjaga jarak dan tidak berkerumun. Menurut sang khatib, protokol kesehatan ini juga memiliki hikmah, agar kita tidak menggunakan kesempatan berkumpul untuk hal-hal yang tidak bermanfaat dan sia-sia belaka.

Baca juga: Dalil-Dalil tentang Pentingnya Berkurban

Utamanya untuk merancang strategi-strategi busuk demi menjatuhkan orang lain, bersiasat menebar perpecahan, kebencian atau terus mengajak orang lain untuk berbuat kerusakan di muka bumi ini.

Kini, di tengah angka penularan yang kian tinggi dan belum menunjukkan tanda-tanda penurunan, terpulang kepada kita untuk tetap menerapkan protokol kesehatan itu atau tidak. Yang pasti semua tentu berharap, semoga pandemi ini segera berakhir. Yang saat ini sakit segera disembuh atas izin-Nya. Yang telah pergi, semoga mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya.

Oleh Riza Nasser

Pengurus Forum Jurnalis Aceh-Jakarta

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya