Keutamaan Membaca Alquran, Pahala Berlimpah dan Dapat Syafaat di Hari Kiamat

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 29 Juni 2020 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 29 330 2238388 keutamaan-membaca-alquran-pahala-berlimpah-dan-dapat-syafaat-di-hari-kiamat-CiwaTJGMA5.jpg ilustrasi (stutterstock)

MEMBACA Alquran menjadi kewajiban setiap Muslim, karena akan menjadi syafaat kelak di akhirat, serta jadi penerang di alam kubur. Banyak sekali keistimewaan dan keutamaan dari membaca Alquran.

Setiap satu huruf dalam Alquran yang dibaca akan dibalas dengan pahala dan terus dilipatgandakan.

Dai Muda Nahdatul Ulama, Ustadz M Najmi Fathoni, mengatakan, semua ayat Alquran memiliki keutamaan.

"Nah, mengenai keutamannya kepada masing-masing-masing surat sebagaimana asbabun nuzulnya. Memiliki keistimewaan dan kekhususan tertentu. Seperti keutamaan membaca surat Al Kahfi," ujarnya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Baca juga: 4 Kunci Meraih Ketenangan dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Rasulullah SAW bersabda:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه

Artinya: "Bacalah oleh kalian Alquran karena ia (Alquran) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafaat bagi orang-orang yang rajin membacanya. (HR. Muslim 804)

 ilustrasi

Dalam Alquran juga ada surah-surah khusus yang memiliki fadhilah tersendiri saat dibaca. Misalnya Surah Al Kahfi yang di antara syafaatnya bagi orang yang rajin membacanya adalah akan terhindar dari fitnah dajjal.

"Insya Allah terjaga dari fitnah dajjal, terlindungi dari kajahatan-kejahatan makhluk, kelak Allah pancarkan cahaya. Dan tentunya syafaat Alquran itu sendiri," pungkas Ustadz Najmi.

Baca juga: Jangan Curhat ke Sembarang Orang saat Ada Masalah, Ini Penjelasan Aa Gym

Dalam hadist dari Ibnu Mas’ud, Nabi Muhammad bersabda “siapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka dia mendapat satu pahala. Dan setiap pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf, tapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Turmudzi 3158 dan dishahihkan Al-Albani).

Kemudian hadist lain yang diriwayatkan oleh Imam al-Baihaqi, Rasulullah bersabda, "Sebaik-baiknya ibadah umatku adalah membaca Al-Qur'an."

Allah juga menjanjikan pahala bagi orang yang membaca Alquran tapi masih terbata-bata atau belum lancar.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadist dari Aisyah yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari (4937) dan Imam Muslim (798). Rasulullah bersabda "Yang mahir membaca al Quran bersama malaikat yang terhormat, dan yang membaca al Quran sedangkan ia terbata-bata serta mengalami kesulitan maka baginya dua pahala.”

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini