Nasihat Artis Lyra Virna agar Menjadi Istri Salihah

Riyadi Akmal, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 09:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 614 2242904 nasihat-artis-lyra-virna-agar-menjadi-istri-salihah-pw57cQYRre.jpg Lyra Virna. (Foto: Alan Pamungkas/Okezone)

ARTIS Lyra Virna memberikan nasihat kepada semua perempuan untuk menjadi istri yang salihah. Salah satunya wajib mengikuti suami. Hal ini sebagaimana perintah Allah Subhanahu wa ta'ala dan ajaran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam.

Lyra Virna pun mengibaratkan rumah tangga bagaikan kapal yang mengarungi samudera. Suami yang menjadi nakhoda bersama istri selaku awak harus bekerja sama agar selamat sampai tujuan.

Baca juga: Idaman Setiap Lelaki, Ini 5 Ciri Istri Salihah 

Kebersamaan dalam ketakwaan inilah yang akan membuat sebuah rumah tangga menjadi sakinah, mawadah, dan warahmah hingga bisa menghuni surga kelak.

"Rumah tangga ibarat sebuah kapal yang sedang mengarungi samudera. Supaya kapal berhasil melayari samudera, nakhoda dan awak kapal harus bekerja sama. Hal ini sama saja seperti kehidupan suami-istri, di mana istri harus mengikuti suaminya," ungkap Lyra Virna, dikutip dari akun Instagram-nya, Rabu (8/7/2020).

Kemudian Lyra Virna juga mengutip hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam untuk mengingatkan kepada para istri dalam bersikap terhadap suami.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata:

قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ

Pernah ditanyakan kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, "Siapakah wanita yang paling baik?" Jawab Beliau, "Yaitu yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, menaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci." (HR An-Nasai Nomor 3231 dan Ahmad 2: 251. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan sahih)

Sementara dijelaskan pula kitab suci Alquran harus selalu menjadi pedoman hidup umat Islam, termasuk dalam menjalani rumah tangga.

Baca juga: 5 Tuntunan Rasulullah untuk Rumah Tangga Bahagia dan Penuh Keberkahan 

Alquran akan menjadi fondasi rumah tangga dan pedoman hidup bagi seluruh umat manusia. Tidak ada rujukan yang lebih baik selain Alquran.

Ketika hendak membahas tentang berumah tangga, pedoman terbaik adalah belajar dan memahaminya berdasarkan Alquran. Dengan merujuk pada Alquran, senantiasa rumah tangga diberikan kemudahan dan kebahagiaan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

Artis Lyra Virna bersama suaminya Fadlan Muhammad. (Foto: Instagram @lyravirna)

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Membangun sebuah rumah tangga Islami harus didasari dengan pilar-pilar yang baik, di antaranya:

1. Ilmu yang bermanfaat yang berlandaskan pada Alquran, sunah, dan hadis.

2. Iman kepada Allah Subhanahu wa ta'ala dengan meyakini keagungan-Nya terkait indahnya berumah tangga secara syari.

3. Penuh kesabaran dan tawakal kepada Allah Ta'ala dalam berumah tangga.

3. Memiliki akhlaqul karimah yang mulia di sisi Allah Ta'ala.

Baca juga: Amalan Supaya Istri Jadi Wanita Paling Cantik 

Ilustrasi cincin pernikahan. (Foto: Unsplash)

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالًا كَثِيرًا وَنِسَاءً ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ الَّذِي تَسَاءَلُونَ بِهِ وَالْأَرْحَامَ ۚ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلَيْكُمْ رَقِيبًا

Artinya: "Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhan-mu yang telah menciptakan kamu dari seorang diri, dan daripadanya Allah menciptakan istrinya; dan dari pada keduanya Allah memperkembang biakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu." (QS An-Nisa: 1)

Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala selalu memberikan taufik dan hidayah hingga melindungi rumah tangga setiap mukmin. Amin.

Wallahu a'lam.

Baca juga: Ciri-Ciri Istri Salehah Menurut Alquran 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya