Hukum Jual-Beli ketika Waktu Sholat Jumat Tiba

Jum'at 10 Juli 2020 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 10 330 2244246 hukum-jual-beli-ketika-waktu-sholat-jumat-tiba-Tnkg5Rk3T3.jpg Ilustrasi jual-beli. (Foto: Dok Okezone/Arif Julianto)

AKTIVITAS jual-beli bisa dilakukan kapan saja. Tapi sebaiknya tidak sampai melalaikan ibadah kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Seperti pada hari Jumat, hendaknya seorang Muslim meninggalkan jual-beli ketika panggilan Sholat Jumat telah datang.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا نُودِيَ لِلصَّلاَةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّهِ وَذَرُوا الْبَيْعَ ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ

Artinya: "Wahai orang-orang yang beriman. Apabila telah diseru untuk melaksanakan sholat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui." (QS Al-Jumu'ah: 9)

Baca juga: 5 Cara agar Tidak Tertidur ketika Khotbah Jumat 

Mengutip dari Muslim.or.id, Jumat (10/7/2020), ayat ini dengan jelas melarang jual-beli ketika Sholat Jumat bagi orang yang diwajibkan menunaikannya.

As Sa'di dalam Tafsir-nya menerangkan:

أي: اتركوا البيع، إذا نودي للصلاة، وامضوا إليها

Artinya: "Maksudnya tinggalkan jual-beli ketika azan dikumandangkan, dan hendaknya pergi menuju sholat." (Taisir Karimirrahman, 825)

Ibnu Katsir dalam Tafsir-nya menjelaskan:

اتفق العلماء رضي الله عنهم على تحريم البيع بعد النداء الثاني

Artinya: "Para ulama radhiallahu anhum bersepakat haramnya jual-beli setelah azan yang kedua."

Baca juga: Simak Adab-Adab saat Menyimak Khotbah Jumat 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Hal ini jika berpegang pada pendapat bahwa azan Sholat Jumat boleh dua kali. Adapun jika azan Jumat hanya sekali maka ketika azan itu dikumandangkan maka sudah tidak boleh berjual-beli.

Baca juga: Jumat Pagi Awali dengan Baca Surah Al Kahfi, Keutamaannya Sangat Besar 

Sholat Jumat di tengah pandemi virus corona (covid-19). (Foto: Dok Okezone/Heru Haryono)

Ibnu Qudamah mengatakan:

والنداء الذي كان على عهد رسول الله صلى الله عليه و سلم هو النداء عَقِيْب جلوس الإمام على المنبر ، فتعلق الحكم به دون غيره . ولا فرق بين أن يكون ذلك قبل الزوال أو بعده

Artinya: "Azan (Sholat Jumat) yang ada di zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam hanyalah azan setelah imam duduk di mimbar. Maka larangan jual-beli ini dikaitkan pada azan tersebut bukan azan yang lainnya. Dan tidak ada bedanya apakah itu sebelum zawal ataukah sesudah zawal." (Al Mughni, 2/145).

Ringkasnya, ketika imam sudah naik mimbar lalu setelah itu azan dikumandangakan maka berlakulah larangan jual-beli di saat itu juga.

Wallahu a'lam.

Baca juga: Gaya Hidup Sehat ala Rasulullah agar Terhindar dari Penyakit 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya