Sangat Dahsyat, Ini Sederet Manfaat Puasa bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2020 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 28 614 2253537 sangat-dahsyat-ini-sederet-manfaat-puasa-bagi-kesehatan-yang-jarang-diketahui-3B3Lax4hxL.jpg Ilustrasi (Thought)

RASULULLAH SAW menganjurkan umat Islam untuk memperbanyak amalam pada 10 hari pertama Dzulhijjah. Salah satunya adalah dengan berpuasa, terutama sekali puasa Arafah pada 9 Dzulhijjah yang fadhilahnya adalah dapat menghapus dosa dua tahun dan dikabulkannya doa.

Selain untuk mendekatkan diri kepada Allah, puasa juga sangat baik untuk kesehatan. Salah satu manfaat puasa adalah dapat membuang racun dalam tubuh.

Dikutip dari buku ‘Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik’ karya Ramadhani dkk, ada banyak manfaat puasa yang mungkin tidak banyak diketahui. Ternyata puasa bisa mengobati beberapa penyakit tertentu, salah satunya radang sendi.

Selain itu, menjalankan ibadah puasa puasa juga dapat membantu seseorang yang sedang sakit agar cepat pulih dan sembuh.

 Baca juga: Kisah Bilal bin Rabah yang Bikin Menangis Orang Se-Madinah

Kemudian, melaksanakan puasa juga dapat menghentikan kecanduan alkohol, rokok, dan junkfood, hingga kebiasaan buruk lainnya yang bisa berdampak kepada kesehatan tubuh.

Khusus untuk penyakit tertentu, seperti diabetes yang sudah tergantung dengan insulin, tentunya tidak bisa berpuasa sebab diharuskan menggunakan insulin secara rutin.

Akan tetapi puasa bisa menghidupkan kembali zat insulin dalam tubuh. Teruntuk penyakit-penyakit seperti tubercolosis, radang sendi, pencernaan, lupus, dan penyakit kulit, dengan berpuasa maka akan membantu proses penyembuhannya.

Puasa juga bisa meningkatkan masa hidup, hal ini dikarenakan tugas dari alat-alat pencernaan beristirahat. Contohnya seperti terjadi pada hewan. Ketika akan berganti kulit, mereka juga berpuasa supaya bisa hidup lebih lama.

 

Selain itu puasa juga sebagai pengendali hawa nafsu, Rasulullah SAW bersabda:

Diriwayatakan dari Sahl bin Sa'ad, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ فِى الْجَنَّةِ بَابًا يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ ، يَدْخُلُ مِنْهُ الصَّائِمُونَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ يُقَالُ أَيْنَ الصَّائِمُونَ فَيَقُومُونَ ، لاَ يَدْخُلُ مِنْهُ أَحَدٌ غَيْرُهُمْ ، فَإِذَا دَخَلُوا أُغْلِقَ ، فَلَمْ يَدْخُلْ مِنْهُ أَحَدٌ

Artinya: "Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut 'Ar Rayyan'. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, 'Mana orang yang berpuasa.' Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya'." (HR Bukhari Nomor 1896 dan Muslim Nomor 1152).

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini