Puasa Tarwiyah Bagian dari Amal Saleh yang Sangat Dicintai Allah Lho

Alya Amellia Amini, Jurnalis · Rabu 29 Juli 2020 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 29 614 2253908 puasa-tarwiyah-bagian-dari-amal-saleh-yang-sangat-dicintai-allah-lho-Fl3WxU2iDP.jpg ilustrasi (stutterstock)

SALAH satu amalan yang dianjurkan pada 9 hari pertama Dzulhijjah adalah berpuasa. Dua hari sebelum Idul Adha juga ada yang namanya Hari Tarwiyah dan Arafah yang juga ikut disunahkan berpuasa.

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan istimewa dan hari-hari yang mulia, saat di mana datang pengampunan dosa dan pembebasan diri dari siksa neraka. Pada hari tersebut disyari’atkan amalan yang mulia yaitu puasa.

Puasa ini disunnahkan bagi yang tidak berhaji. Puasa Tarwiyah dan Arafah dilaksanakan yaitu pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah.

Mengutip dari Sindonews, Rabu (29/7/2020), dari Ibnu Abbas, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Al Bukhari, Ahmad, Abu Daud, dan At Turmudzi.

Berikut adalah dalil-dalil terkuat yang dijadikan landasan disunnahkannya puasa hari tarwiyah.

ما من أيام العمل الصالح فيهن أحب إلى الله، من هذه الأيام العشر” رواه البخاري

“Tidak ada hari di mana suatu amal saleh lebih dicintai Allah melebihi amal shaleh yang dilakukan di sepuluh hari ini (10 pertama Dzulhijjah).”

وعن حفصة قالت: أربع لم يكن يدعهن رسول الله صلى الله عليه وسلم: صيام عاشوراء، والعشر، وثلاث أيام من كل شهر، والركعتين قبل الغداة رواه أحمد والنسائي.

"Dari Hafsah radhiyallahu'anhu, ada empat perkara yang tidak pernah ditinggalkan Rasulullah SAW, yaitu puasa bulan hari Asyura (10 Muharram), (amal soleh) 10 hari pertama Dzulhijjah, tiga hari setiap bulan dan dua rakaat sebelum pagi” (HR Ahmad dan Nasa'i)

Berdasarkan hadis tersebut, cukup kuat pendapat ulama yang mengatakan bahwa disunnahkan puasa pada hari Tarwiyah. 

Baca juga: Dahsyatnya Pahala Puasa Tarwiyah dan Arafah, Jangan Sampai Menyesal Tak Berpuasa!

Artinya: "Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka (puasa), dengan rahmat-Mu, Ya Allah Tuhan Maha Pengasih,"

Keutamaan puasa Tarwiyah, menurut riwayat Ibnu Abbas dari hadits Nabi SAW

Barang siapa yang berpuasa pada hari Tarwiyah, akan mendapatkan pahala yang tak terkira dan hanya Allah semata yang mengetahuinya.

Doa buka puasa:

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar roohimiin.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini