5 Keutamaan dan Keistimewaan Hari Jumat yang Wajib Kamu Tahu

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 14 Agustus 2020 12:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 14 614 2262058 5-keutamaan-dan-keistimewaan-hari-jumat-yang-wajib-kamu-tahu-1MfaPorMtu.JPG Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JUMAT merupakan salah satu hari yang diagungkan. Di dalamnya pun penuh keistimewaan, banyak berkah yang dapat diperoleh umat Islam yakni dengan cara meningkatkan amal ibadah.

"Hari yang dijadikan sayiddul ayam atau rajanya hari, di dalamnya Allah juga memberikan banyak fadilah atau keutamaan, keistimewaan waktu-waktu di dalamnya," kata Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Selain itu, bagi siapa saja yang membaca sholawat kepada Rasulullah di hari Jumat, maka sholawat itu akan menjadi syafaat baginya kelak di hari kiamat.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya: "Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bersholawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bersholawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya," (QS. Al-Ahzab 56).

Nah, berikut ini adalah keutamaan dan keistimewaan hari Jumat:

1. Waktu mustajab untuk berdoa

Di hari Jumat terdapat waktu yang tepat untuk berdoa dan meminta kepada Allah agar segala sesuatu bisa dilancarkan dan mendapatkan ampunan Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Ibnu Qayyim Al Jauziah menjabarkan: “Di antara sekian banyak pendapat ada dua yang paling kuat, sebagaimana ditunjukkan dalam banyak hadits yang sahih, pertama saat duduknya khatib sampai selesainya shalat. Kedua, sesudah ashar, dan ini adalah pendapat yang terkuat dari dua pendapat tadi,” (Zadul Ma’ad Jilid I/389-390).

Baca juga: Kisah Sahabat Mush'ab bin Umair, Duta Islam Pertama di Zaman Rasulullah

2. Wafat hari Jumat terhindar dari siksa kubur

Wafat pada hari Jumat adalah salah satu hal yang baik, meskipun meninggalkan seseorang yang kita cintai namun Allah akan mengampuni segala dosanya dan menjauhkannya dari siksa kubur.

Rasulullah bersabda: "Orang muslim yang meninggal pada malam hari atau pada hari Jumat, Allah Ta'ala menyelamatkannya dari siksa dalam kubur," (HR. Tirmidzi).

3. Pahala besar bagi yang bersedekah

Sebagai umat muslim, kita diwajibkan untuk bersedekah agar mendapatkan pahala dan dilancarkan rezeki kita. Bersedekah pada hari Jumat merupakan hal yang paling mulia

Ibnu Qayyim berkata: “Sedekah pada hari itu (Jumat) dibandingkan dengan sedekah pada enam hari lainnya laksana sedekah pada bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan lainnya,”. Hadits dari Ka’ab menjelaskan: “Dan sedekah pada hari itu lebih mulia dibanding hari-hari selainnya,” (Mauquf Shahih).

4. Sholat Jumat adalah hal istimewa

Sholat Jumat adalah hal yang diwajibkan bagi kaum muslim pria. Sebab, di sana terdapat banyak pahala, dan hal ini hanya terjadi sepekan sekali. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam bersabda mengenai keistimewaan Sholat Jumat:

“Ketika hari Jumat tiba, di setiap pintu masjid berdiri para malaikat yang menuliskan (nama-nama) orang-orang yang datang pertama, dan lalu siapa yang datang berikutnya. Ketika Imam duduk, catatan ditutup dan mereka datang untuk mendengarkan khutbah,” (HR. Muslim).

Maka dari itu sebagai umat muslim kita harus mengamalkan hal-hal yang baik agar mendulang pahala yang berlimpah, terutama di hari Jumat.

5. Hari dihapuskannya dosa-dosa

Salah satu keutamaan mulia pada hari Jumat adalah dihapuskannya dosa-dosa dalam diri kita. Seperti yang diriwayatkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam:

“Siapa yang mandi pada hari Jumat, bersuci sesuai kemampuan, merapikan rambutnya, mengoleskan parfum, lalu berangkat ke masjid, dan masuk masjid tanpa melangkahi di antara dua orang untuk dilewatinya, kemudian sholat sesuai tuntunan dan diam tatkala imam berkhutbah, niscaya diampuni dosa-dosanya di antara dua Jumat,” (HR. Bukhari).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini